FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA RUMAH MAKAN SKALA KECIL DAN MENENGAH DI KOTA PADANG

Authors

  • Annisa Sulhi Kadmi Effendi
  • Yeasy Darmayanti
  • . Meihendri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh modal, investasi aset tetap, lokasi usaha, upah pegawai, lama usaha terhadap pendapatan usaha rumah makan skala kecil dan menengah di Kota Padang. Pendapatan merupakan keseluruhan penerimaan yang diterima pekerja, rumah tangga atau pedagang, baik berupa fisik maupun non fisik selama bekerja atau berusaha (Firdausa, 2012). Semakin banyak pendapatan yang diperoleh, semakin terpenuhi kebutuhan yang diinginkan.

Teori pada penelitian ini menggunakan teori resources-based view (RBV). Melalui RBV para pengusaha rumah makan harus bisa memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya untuk memperoleh pendapatan yang tinggi. Dalam memaksimumkan keuntungan pada sebuah usaha rumah makan dapat dilakukan dengan mengalokasikan seluruh sumber daya pada kebutuhan pasar, saat kemampuan pesaing tidak mencukupi sehingga akan memberikan hasil yang efektif.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pelaku usaha rumah makan skala kecil dan menengah di Kota Padang, dan berdasarkan data dari BPS Kota Padang diketahui jumlah pelaku usaha rumah makan skala kecil dan menengah di Kota Padang adalah sebanyak 289 pelaku usaha. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling, yaitu kelompok-kelompok yang tersedia, sampel-sampel yang sebanding dengan besarnya kelompok dan pengambilannya secara acak.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa modal usaha berpengaruh terhadap pendapatan usaha rumah makan skala kecil dan menengah di Kota Padang, investasi aset tetap berpengaruh terhadap pendapatan usaha rumah makan skala kecil dan menengah di Kota Padang, lokasi usaha berpengaruh terhadap pendapatan usaha rumah makan skala kecil dan menengah di Kota Padang, upah pegawai berpengaruh terhadap pendapatan usaha rumah makan skala kecil dan menengah di Kota Padang dan lama usaha berpengaruh terhadap pendapatan usaha rumah makan skala kecil dan menengah di Kota Padang.

Kata kunci: Modal Usaha, Investasi Aset Tetap, Lokasi Usaha, Upah Pegawai, Lama Usaha, Pendapatan

Published

2019-02-28