PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2017

Authors

  • Akhira Lailatul Qadar
  • . Ethika
  • Daniati Puttri

Abstract

Dalam hubungannya dengan penilaian nilai perusahaan otomotif, tingkat kesehatan perusahaan bagi para pemegang saham sangat berkepentingan untuk mengetahui kondisi sebenarnya suatu perusahaan. Berdasarkan data Price to Book Value (PBV) sebagai proksi dari nilai perusahaan pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 sampai 2017diperoleh hasil nilai perusahaan cenderung mengalami penurunan. Penurunan nilai perusahaan ini sangat tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh setiap perusahaan yang menghendaki adanya kenaikan nilai perusahaan. Hal ini bertentangan dengan kondisi seharusnya dimana price to book value yang tinggi akan meningkatkan kepercayaan pasar terhadap prospek perusahaan dan mengindikasikan kemakmuran pemegang saham yang tinggi (Hermuningsih, 2013).
Teori yang dipergunakan adalah teori signaling. Jika manajer memiliki keyakinan bahwa prospek perusahaan baik, dan supaya harga saham meningkat, manajer tersebut tentunya ingin mengkomunikasikan hal tersebut kepada para investor. Investor diharapkan akan menangkap sinyal tersebut, sinyal yang mengindikasikan bahwa perusahaan mempunyai prospek yang prospektif di masa depan (Mardiyati, 2012
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan, likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan otomotif yang terdaftar Di bursa efek indonesia periode 2013-2017. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2013 sampai dengan 2017.Teknik pengambilan sampel adalah sensus. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang bersifat kuantitatif, yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan data diperoleh dengan mengakses website www.idx.co.id. Metode analisa data yang digunakan adalah Analisa Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa Struktur modal yang diproksi dengan debt to equity ratio berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan yang diproksi dengan price to book value pada perusahaan otomotif di Bursa Efek Indonesia. Ukuran perusahaan yang diproksi dengan ln total aset berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan yang diproksi dengan price to book value pada perusahaan otomotif di Bursa Efek Indonesia. Likuiditas yang diproksi dengan current ratio berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan yang diproksi dengan price to book value pada perusahaan otomotif di Bursa Efek Indonesia. Profitabilitas yang diproksi dengan return on equity berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan yang diproksi dengan price to book value pada perusahaan otomotif di Bursa Efek Indonesia.
Kata Kunci : Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Published

2019-02-28