PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2017)

Authors

  • asthwa Darman Moenir
  • . Herawati
  • Arie Frinola Minovia

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh rasio keuangan terhadap kebijakan dividen. Hasil penelitian sebelumnya oleh Yudiasti dan Priyadi (2015) menunjukkan bhawa profitabilitas berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen, leverage menunjukkan berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen, growth berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen. Lestari dan Priyadi (2017) menunjukkan bahwa profitabilitas berpnegaruh positif terhadap kebijakan dividen, leverage berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen, growth berpengaruh positif terhadap kebijkaan dividen.
Teori pada penelitian ini mengungkapkan teori kebijakan dividen. Sudana (2015:192) menyatakan kebijakan dividen berhubungan dengan penentuan besarnya dividend payout ratio, yaitu besarnya persentase laba bersih setelah pajak yang dibagikan sebagai dividen kepada pemegang saham.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling berdasarkan dengan kriteria yang telah ditetapkan, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 37 perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2), uji simultan (uji F), uji t.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) Return on equity tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio, (2) Debt equity ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio, (3) Growth tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa return on equity tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio, debt equity ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio, growth tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio.
Kata kunci : Return On Equity, Debt Equity Ratio, Growth.

Published

2019-02-28