PENGARUH MULTIPLE LARGE SHAREHOLDER STRUCTURE, ENTERPRISE RISK MANAGEMENT DISCLOSURE, HEDGING DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

Authors

  • Bella Agustina
  • Dwi Fitri Puspa
  • Resti Yulistia Muslim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh multiple large shareholder structure, enterprise risk management disclosure, hedging dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan diukur menggunakan Tobins Q. Berdasarkan data yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dapat diketahui nilai Tobins Q perusahaan terus menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Teori yang digunkan dalam penelitian ini adalah teori agensi, dalam proses memaksimalkan nilai perusahaan sering kali menimbulkan terjadinya konflik kepentingan antara manajer (agen) dan pemegang saham (prinsipal). Tindakan agen dalam memaksimalkan kemakmuran dirinya sendiri kadang tidak konsisten dengan tujuan perusahaan dan sering mengabaikan kepentingan pemilik.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari 2013-2017. Sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling dan akhirnya diperoleh 37 perusahaan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari website Indonesia Stock Exchange www.idx.co.id.

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi 5% maka penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) multiple large shareholder structure berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (2) enterprise risk management disclosure berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) hedging tidak berpengaruh sigifikan terhadap nilai perusahaan (4) kinerja lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sementara itu, variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dengan nilai adjusted R-square adalah sebesar 9,1%.

Kata Kunci : multiple large shareholder structure, enterprise risk management disclosure, hedging, kinerja lingkungan, nilai perusahaan

Published

2019-02-28