PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN KONSERVATISME AKUNTANSI TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN NON-MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017)

Authors

  • Mhd. Arzi Septian
  • Resti Yulistia Muslim
  • Yeasy Darmayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan dan konservatisme akuntansi terhadap penghindaran pajak. Struktur kepemilikan terdiri atas kepemilikan asing, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan kepemilikan publik. Salah satu kasus penghindaran pajak yang terjadi di Indonesia dilakukan oleh PT. RNI yang melakukan upaya thin capitalization yaitu dengan cara melakukan pemberian pinjaman oleh perusahaan induk kepada anak perusahaannya yang berkedudukan di Negara lain (Suryowati, 2016).

Teori pada penelitian ini menggunakan teori agensi (Agency Theory).Teori agensi adalah konsep yang mendeskripsikan hubungan antara prinsipal (pemberi kontrak) dan agen (penerima kontrak), prinsipal mengontrak agen untuk bekerja demi kepentingan atau tujuan prinsipal sehingga prinsipal memberikan wewenang pembuatan keputusan kepada agen untuk mencapai tujuan tersebut (Supriyono, 2018).

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan non-manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 253 perusahaan, namun hanya 65 perusahaan yang memiliki kelengkapan data yang dibutuhkan. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Berganda.

Hasil regresi menunjukkan bahwa (1) kepemilikan asing berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, (2) kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, (3) kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, (4) kepemilikan publik berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, (5) konservatisme akuntansi berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan asing berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, kepemilikan publik berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, konservatisme akuntansi berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak.

Kata kunci: Kepemilikan Asing, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Publik, Konservatisme Akuntansi, Penghindaran Pajak

Published

2019-02-28