PENGARUH KEBERADAAN EKSEKUTIF WANITA, PERGANTIAN CEO, KECAKAPAN MANAJERIAL, DAN ETNIS TERHADAP MANAJEMEN LABA

Authors

  • Haris Nugraha
  • Yeasy Darmayanti
  • . Ethika

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh keberadaan eksekutif wanita, pergantian CEO, kecakapan manajerial, dan etnis terhadap manajemen laba. Manajemen laba merupakan suatu tindakan menaikan atau menurunkan laba yang dilakukan oleh manajemen perusahaan. Kasus yang pernah terjadi yaitu skandal akuntansi yang dilakukan oleh Toshiba tahun 2015, dimana perusahaan Toshiba menggelembungkan laba usahanya sebesar ¥ 151,8 milyar selama tujuh tahun. Akibat skandal akuntansi tersebut, saham Toshiba turun sekitar 20% sejak awal april ketika isu-isu akuntansi terungkap (www.kompas.com).

Agency Theory menggambarkan tentang adanya titik temu antara dua pihak yaitu pemilik perusahaan (prinsipal) dan manajemen (agen). Dimana satu pihak (prinsipal) menyewa pihak lain (agent) untuk melaksanakan suatu jasa dan mendelegasikan wewenang untuk membuat keputusan kepada agen tersebut. Agen memiliki informasi yang lebih banyak dari pada prinsipal sehingga, sewaktu-waktu agen bisa melakukan tindakan manajemen laba untuk memaksimalkan pendapatannya.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2017, dengan menggunakan metode purposive sampling. Purposive sampling yaitu teknik untuk menentukan sampel dengan pertimbangan dan kriteria tertentu. Sampel yang diperoleh yaitu sebanyak 80 perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Linear Berganda.

Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) keberadaan eksekutif wanita berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, (2) pergantian CEO tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, (3) kecakapan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, (4) Etnis berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa keberadaan eksekutif wanita dan Etnis berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan pergantian CEO dan kecakapan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Kata Kunci: Manajemen Laba, Keberadaan Eksekutif Wanita, Pergantian CEO, Kecakapan Manajerial, Etnis

Published

2019-02-28