PENGARUH KOMPLEKSITAS TUGAS, PENEKANAN ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN (BUDGETARY SLACK) PADA PEMERINTAH KOTA PAYAKUMBUH

Authors

  • Fordly Namira
  • . Meihendri
  • . Herawati

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh kompleksitas tugas, penekanan anggaran dan komitmen organisasi terhadap senjangan anggaran (Budgetary Slack) pada pemerintah Kota Payakumbuh. Pada realisasi target Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Payakumbuh Tahun 2013-2015 memiliki selisih yang cukup besar. Realisasi pendapatan pada tahun 2014 mencapai 100,01%,sedangkan realisasi belanja 90,80%, kemudian realisasi target anggaran tahun 2015 mencapai 102,59%, sedangkan realisasi belanja 93,15%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat di indikasikan terjadinya senjangan anggaran pada keuangan daerah di Kota Payakumbuh tahun 2014-2015. (Berita sumbar 2015)

Teori pada penelitian ini menggunakan teori keagenan (Agency theory). Teori keagenan menjelaskan mengenai hubungan antara principal (DPRD) dan agent (OPD), dimana pihak principal memberikan tugas kepada agent untuk melakukan seluruh keggiatan sesuai dengan keinginan principal (sinkey 1992). Adapun dasar yang melandasi munculnya teori keagenan adalah dimana individu-individu bertindak untuk kepentingan mereka sendiri sehingga terkadang mengabaikan kepentingan organisasi (Ikhsan & Suprasto, 2008).

Populasi dari penelitian ini adalah yang terdiri dari eselon III pada OPD Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat, dengan nenggunakan metode survei kuesioner. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 98, namun hanya 86 responden yang mengisi kuesioner lengkap. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.

Dalam penelitian ini mengajukan 3 hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) Kompleksitas tugas berpengaruh signifikan terhadap senjangan anggaran, (2) Penekanan anggaran berpengaruh signifikan terhadap senjangan anggaran (3) Komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap senjangan anggaran.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa kompleksitas anggaran berpengaruh signifikan terhadap senjangan anggaran, penekanan anggaran berpengaruh terhadap senjangan anggaran dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap senjangan anggaran.

Kata kunci: Senjangan Anggaran, Kompleksitas Tugas, Penekanan Anggaran, Komitmen Organisasi

Published

2019-02-28