PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, DISIPLIN KERJA DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN AKUNTANSI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH KOTA PADANG

Authors

  • Merysha Putri Hardayu
  • Mukhlizul Hamdi
  • . Herawati

Abstract

Kinerja karyawan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan produktivitas pada suatu perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus mampu menjalankan upaya instansi agar kinerja yang dihasilkan oleh seorang karyawan sesuai dengan perannya pada perusahaan dalam suatu periode tertentu. Oleh sebab itu kinerja karyawan dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu perusahaan dengan hasil yang dicapainya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tentang pengaruh sistem pengendalian internal, disiplin kerja dan sistem informasi akuntansi terhadap kinerja karyawan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori technology acceptance model. Teori technology acceptance model merupakan landasan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai perilaku pemakai dalam penerimaan dan penggunaan sistem informasi (Davis, 1989).
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Padang. Penentuan sampel digunakan dengan menggunakan metode purposive sampling karna sampel yang dipilih sesuai dengan kriteria yang digunakan. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 130 karyawan. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh sistem pengendalian internal, disiplin kerja dan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.
Kata Kunci : Sistem Pengendalian Internal, Disiplin Kerja, Sistem Informasi Akuntansi, Kinerja Karyawan

Published

2019-02-28