PENGARUH PENGHARGAAN (AWARD), PENDANAAN DAN INVESTASI, ISLAMIC GOVERNANCE SCORE (IG – SCORE), DAN KEPEMILIKAN PEMERINTAH TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR)

Authors

  • Rinal Wahyudi Nurza
  • Dwi Fitri Puspa
  • Resti Yulistia Muslim

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh Penghargaan (Award), Pendanaan dan Investasi, Islamic Governance Score (Ig – Score), Dan Kepemilikan Pemerintah Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). BNI Syariah yang menerima suntikan dana sebesar Rp. 1,1 triliun dari BNI Tbk. Kasus yang sama juga terjadi pada BRI syariah dimana PT BRI Tbk sebagai induk dari BRI Syariah talah resmi menyuntikan dana kepada anak usahanya tersabut dengan Jumlah dana yang diberikan sebesar Rp. 1 triliun untuk meningkatkan permodalan BRI Syariah. https://keuangan.kontan.co.id/news
Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Legitimasi dan Teori Stakeholder. Teori Legitimasi ini menjelaskan bahwa interaksi perusahaan yang beroperasi dalam lingkungan masyarakat dapat berubah secara konstan sehingga perusahaan berusaha meyakinkan bahwa aktivitas yang dilakukan telah sesuai dangan aturan dan norma yang telah ditetapkan. Teori Stakeholder adalah teori yang menggambarkan bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab kepada pihak–pihak yang berpengaruh terhadap perusahaan, baik pihak internal maupun eksternal perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dari tahun 2010 – 2017 sebanyak 13 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 perusahaan yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling, termasuk dalam kriteria pada penelitian ini. Pengujian Hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda.
Dalam penelitian ini menunjukkan empat hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa. (H1) Penghargaan (Award) berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. (H2) Pendanaan dan Investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Islamic Social Reporting. (H3) Islamic Governance Score berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. (H4) Kepemilikan Pemerintah berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Penghargaan (Award) berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting, Pendanaan dan Investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting, Islamic Governance Score berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting, Kepemilikan Pemerintah berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting.
Kata Kunci : Penghargaan (Award), Pendanaan Dan Investasi, Islamic Governance Score (Ig – Score), Kepemilikan Pemerintah, Pengungkapan Islamic Social Reporting (Isr).

Published

2019-02-28