PENGARUH REPUTASI AUDITOR, KESULITAN KEUANGAN, AUDIT FEE, DAN AUDIT DELAY TERHADAP PENGGANTIAN KAP

Authors

  • Muhammad Iqbal
  • Dwi Fitri Puspa
  • Dandes Rifa

Abstract

KAP adalah badan usaha yang bergerak dibidang jasa audit yang didirikan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan danmendapatkan izin usaha berdasarkan Undang-Undang (Tuanakotta, 2015). KAP adalah pihak independen yang dianggap mampu menjembatani antara pihak principal dan pihak agent. Salah satu penyebab hilangnya independensi pada KAP yaitu hubungan kerja sama yang lama antara KAP dan klien, dan untuk mengatasi ini maka dibutuhkannya penggantian KAP. Penggantian KAP merupakan perpindahan jasa kantor akuntan publik yang lama ke jasa kantor akuntan publik yang baruyang dilakukan oleh perusahaan klien.Penggantian KAP yang dilakukan oleh perusahaan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu merjer antaradua perusahaan yang kantor akuntan publiknya berbeda, ketidakpuasan terhadapkantor akuntan publik yang dahulu, dan merjer antara kantor akuntan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris tentang pengaruh reputasi auditor, kesulitan keuangan, audit fee, dan audit delay terhadap penggantian KAP

Teori pada penelitian ini menggunakan teori keagenan, teori keagenan menjelaskan tentang adanya konflik kepentingan antara prinsipal (pemegang saham) dan agen (manajemen) dimana menyebabkan permasalahan asimetri teori. Dalam kondisi yang seperti ini maka dibutuhkannya pihak penengah untuk mengatasi asimetri informasi tersebut yang disebut dengan KAP.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia kecuali sektor keuangan periode 2013-2017. Penentuan sampel digunakan dengan menggunakan metode purposive sampling karena sampel yang dipilih sesuai dengan kriteria yang digunakan. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 151 perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Logistik.

Dalam penelitian ini mengajukan 4 hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) reputasi auditor berpengaruh terhadap penggantian KAP, (2) kesulitan keuangan tidak berpengaruh terhadap penggantian KAP, (3) audit fee berpengaruh terhadap penggantian KAP, (4) audit delay tidak berpengaruh terhadap penggantian KAP.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa reputasi auditorberpengaruh terhadap penggantian KAP, kesulitan keuangan tidak berpengaruh terhadap penggantian KAP, audit fee berpengaruh terhadap penggantian KAP, audit delay tidak berpengaruh terhadap penggantian KAP.

Kata Kunci : Audit Delay, Audit Fee, Kesulitan Keuangan, Penggantian Kantor Akuntan Publik, Reputasi Auditor.

Published

2019-02-28