PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Elsi Yusmanidar
  • Mukhlizul Hamdi
  • . Yunilma

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh kepemilikan institusional, struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Merosotnya nilai saham PT. Bumi Resources Tbk yang membuat nilai perusahaan menurun. Merosotnya nilai saham PT. Bumi Resources Tbk (BUMI) membuat kapitalisasi pasar alias nilai perusahaan tinggal Rp 2,8 triliun. Gara-gara penurunan harga saham BUMI ini banyak investor yang mengalami kerugian cukup dalam. Bahkan ada yang mengaku merugi hingga Rp 2,9 miliar. Penurunan harga saham tersebut dikarenakan adanya masalah dalam laporan keuangan terutama mengenai kepemilikan saham dan tata kelola perusahaan yang kurang baik (www.finance.detik.com).
Teori pada penelitian ini menggunakan teori keagenan. Teori keagenan mendeskripsikan hubungan antara pemegang saham (shareholders) sebagai principal dan manajemen sebagai agen. Manajemen merupakan pihak yang dikontrak oleh pemegang saham untuk bekerja demi kepentingan pemegang saham.
Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 43 perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan Uji Asumsi Klasik.
Dalam penelitian ini mengajukan tiga hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) kepemilikan institusional berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (2) struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Hasil pada penelitian ini menujukkan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh terhadap nilai perusahaan, struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Nilai Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Struktur Modal, Profitabilitas

Published

2019-03-01