PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN CUSTOMER PERCEPTION TERHADAP PURCHASE INTENTION WARNET REDZ GAMING DI KOTA PADANG
Abstract
Perkembangan teknologi informasi pada saat telah mendorong munculnya berbagai bisnis berbasis teknologi, mulai dari e-commerce hingga adanya bisnis internet dan game online.Keberadaan bisnis tersebut membantu perbaikan fundamental ekonomi masyarakat. Salah satu bisnis jasa internet dan game online terkemuka di Kota Padang adalah Redz Gaming.
Didalam menarik perhatian pengunjung dan pengguna pengelola Warnet Redz Gaming berusaha memperbaiki store atmosphere dan mendorong terciptanya persepsi positif dari pengunjung dan pengguna warnet. Oleh sebab itu tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh store atmosphere dan persepsi
konsumen terhadap keputusan konsumen mengunjungi Warnet Redz Gaming Padang.
Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah store atmosphere, customer perception, purchase intention. Keputusan berkunjung adalah keinginan yang timbul untuk membeli produk atau menggunakan jasa setelah konsumen mengevaluasi produk atau jasa pada beberapa merek lalu memilih satu merek yang diminati (Kotler,2002). Store atmosphere
adalah keseluruhan efek emosional yang diciptakan oleh atribut fisik toko (Barry dan Evan ,2010). Persepsi didefenisikan oleh Kotler (2002) sebagai proses seorang individu dalam memilih, mengorganisasikan dan menafsirkan masukan dan informasi untuk menciptakan sebuah gambar yang bermakna.
Pada penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 100 orang responden yang merupakan pengunjung dan pengguna Warnet Redz Gaming Padang. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Dan data diolah dengan
menggunakan program SPSS.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa store atmosphere berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen mengunjungi Warnet Redz Gaming Padang, sedangkan persespi konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk mengunjungi Warnet Redz Gaming Padang.
Dari hasil penelitian ini dapat diajukan saran bagi pengelola warnet diharapkan terus menjaga suasana warnet yang nyaman bagi pelanggannya, dalam hal ini pengelola warnet harus
memastikan bahwa fasilitas pendingin seperti AC tetap dapat digunakan, selain itu pengelola warnet juga harus menjaga kerapian dan kebersihan warnet disamping adanya pelayanan yang baik kepada pelanggan.
Kata Kunci: Keputusan Mengunjungi, Store Atmosphere & Persepsi Konsumen
Downloads
Published
2019-03-04