PENGARUH MEKANISME BONUS, PAJAK DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PADA TAHUN 2014-2018
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh mekanisme bonus, pajak dan kepemilikan asing terhadap transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014 sampai 2018. DJP mengatakan bahwa PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia telah melaksanakan tindakan penghindaran pajak dengan melakukan transfer pricing. Modus yang dilaksanakan oleh PT. Toyota Manufacturing Indonesia yaitu melakukan penjualan dengan transfer price yang diluar prinsip kewajaran dan kelaziman usaha kepada perusahaan afiliasinya di Singapura (www.Kompasiana.com).Teori pada penelitian ini menggunakan teori agensi. Menurut Godfrey dkk (2013) teori agensi menyatakan adanya hubungan keagenan dimana satu atau beberapa orang (principal) memerintahkan orang lain (agent) untuk melakukan jasa atas nama principal serta memberi wewenang kepada agent untuk membuat keputusan bagi principal. Berdasarkan teori agensi yang dimaksud dengan principal adalah pemilik perusahaan yang dalam hal ini merupakan pemegang saham dan yang dimaksud dengan agent adalah manager yang merupakan pongelola perusahaan. Dalam hubungan keagenan terjadi pemisahan kepentingan antara pemilik perusahaan (principal) dengan pengelola perusahaan (agent).
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2014 sampai 2018. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah 144 perusahaan namun hanya 33 perusahaan yang memenuhi kriteria pada penelitian ini. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Dalam penelitian ini mengajukan tiga hipotesis. Hasil yang diperoleh menunjukkan (1). Mekanisme bonus tidah berpengaruh terhadap transfer pricing (2). Pajak tidak berpengaruh terhadap transfer pricing (3). Kepemilikan asing berpengaruh terhadap transfer pricing.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. Pajak tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. Kepemilikan asing berpengaruh terhadap transfer pricing.
Kata kunci : Transfer Pricing, Mekanisme Bonus, Pajak, Kepemilikan Asing
Downloads
Published
2019-08-14