ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KINERJA BISNIS WANITA DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI MEDIATOR

Authors

  • Zara Septiara
  • Fivi Anggraini
  • Dandes Rifa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan dan kinerja bisnis wanita dengan keunggulan kompetitif sebagai mediator. Di Indonesia perhatian terhadap perkembangan wanita wirausaha semaki besar. Pengusaha wanita memiliki lebih dari setengah dari seluruh usaha kecil dan sekitar sepertiga dari seluruh usaha menengah, sehingga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di Indonesia. Bahkan di provinsi Sumatera Barat pengusaha wanita lebih mendominasi dibanding pria dimana memiliki hingga 60,57% pengusaha wanita.

Populasi dalam penelitian ini adalah wirausaha wanita di Provinsi Sumatera Barat. Sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling dengan kriteria wirausaha wanita yang memiliki usaha yang bergerak dalam industri makanan ringan di Provinsi Sumatera Barat dan akhirnya diperoleh 93 responden. Analisis data menggunakan analisis path (Partial Least Square ) dengan bantuan SMART PLS 3.2.

Penelitian ini terdiri dari empat hipotesis yaitu (1) orientasi kewurausahaan berpengaruh terhadap kinerja bisnis wanita, (2) orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif, (3) keunggulan kompetitif berpengaruh terhadap kinerja bisnis wanita, (4) keunggulan kompetitf berpengruh terhadap orientasi kewirausahaan dan kinerja bisnis wanita.Hasil dari penelitian semua hipotesis diterima.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penelitian ini mampu membuktikan bahwa orientasi kewirausahaan dan kinerja bisnis wanita mampu dimediasi oleh keunggulan kompetitif dengan nilai koefisien 60,57%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa keunggulan kompetitif dapat meningkatkan orientasi kewirausahaan dalam kinerja bisnis wanita.

Kata Kunci : orientasi kewirausahaan, keunggulan kompetitif, kinerja bisnis wanita.

Published

2019-08-14