ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, LEVERAGE, PROFITABILITAS, AKTIVITAS, PENILAIAN PASAR DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM

Authors

  • Silfira Marsela
  • . Herawati
  • Yeasy Darmayanti

Abstract

Return adalah tingkat pengembalian yang diperoleh atas waktu serta risiko terhadap investasi yang telah dilakukan. Investor yang memutuskan investasi dalam bentuk saham berarti investor tersebut melakukan partisipasi dalam modal suatu perusahaan dan seorang investor yang rasional akan selalu berusaha agar investasinya mendatang tingkat return yang melebihi biaya modalnya (Tandelilin 2010).

Teori pada penelitian ini menggunakan teori sinyal. Teori sinyal memberikan informasi kepada pemilik ataupun pihak yang berkepentingan mengenai kondisi perusahaan tersebut. Sinyal yang diberikan melalui pengungkapan informasi akuntansi seperti laporan keuangan. Menurut teori sinyal, kegiatan perusahaan memberikan informasi kepada investor tentang prospek return masa depan yang substansial (Susilowati, 2006).

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh rasio likuditas, leverage, profitabilitas, aktivitas, penilaian pasar dan ukuran perusahaan terhadap return saham pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2014-2018. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah 40 perusahaan real estate dan property dengan tahun pengamatan dari tahun 2014-2018 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel likuditas, leverage, profitabilitas, penilaian pasar dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Sedangkan rasio aktivitas berpengaruh signifikan terhadap return saham. Model regresi linear berganda dalam penelitian memiliki nilai R2 sebesar 10,2% yang berarti bahwa return saham dapat dijelaskan oleh variabel likuditas, leverage, profitabilitas, aktivitas, penilaian pasar dan ukuran perusahaan. Sedangkan sisanya 89,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diteliti.

Kata Kunci : likuditas, leverage, profitabilitas, aktivitas, penilaian pasar, ukuran perusahaan, return saham

Published

2019-08-14