PENGARUH ENVIRONMENTAL, SOCIAL, CORPORATE GOVERNANCE DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh environmental, social, corporate governance disclosure terhadap nilai perusahaan. Saham PT Telkom pada tahun 2017 terus melemah dimana saham perseroan turun sebanyak 8,3 persen yang ikuti sejak awal januari hingga April 2018 telah merosot sebanyak 15,5 persen, menurut Direktur Keuangan Telkom Harry M.Zen mengatakan kemungkinan para investor mengurangi exsposure ke saham Telkom, dan tidak hanya Telkom yang mengalami penurunan melainkan seluruh harga saham Telekomunikasi didunia juga mengalami penurunan (Republika.co.id, 2018).
Teori pada penelitian ini menggunakan teori signal dan teori agency. Teori signal menjelaskan bagaimana informasi yang dihasilkan memberikan signal terhadap suatu perusahaan yang akan mempengaruhi keputusan pemangku kepentingan dalam mengambil keputusan, informasi ini juga menggambarkan bagaimana dampak dari reaksi pasar terhadap penggungkapan informasi lingkungan, sosial dan tata kelola yang diberikan oleh perusahaan (Jogiyanto, 2000). Sedangkan teori agency menjelaskan tentang hubungan antara manajemen perusahaan (agent) dengan pemilik perusahaan (principal), kegiatan pengelolaan perusahaan diserahkan kepada pihak manajemen sehingga dalam pengambilan keputusan pihak manajer sering mengutamakan kepentingan pribadi dan cenderung mengorbankan kepentingan pemegang saham (Jensen & Meckling, 1976).
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Indeks LQ45 yang konsisten terdaftar di BEI pada tahun 2013-2017. Dalam penelitian ini menggunakan motode sensus yaitu semua populasi dijadikan sampel sehingga di peroleh sampel sebanyak 23 perusahaan dan jumlah pengamatan sebanyak 115 observasi. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Dalam penelitian ini mengajukan tiga hipotesis . Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) environmental disclosure berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) social disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) corporate governance disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa environmental disclosure berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, social disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan corporate governance disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Serta variabel profitabilitas sebagai variabel kontrol memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusaahan sedangkan variabel ukuran perusahaan, umur perusaahan, dan leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusaahaan.
Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Environmental Disclosure, Social Disclosure, Corporate Governance Disclosure, ukuran perusahaan, umur perusahaan, leverage, profitabilitas