PENGARUH OPINION SHOPPING, AUDIT TENURE, AUDIT LAG, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN

Authors

  • Annisa Anja Bestari
  • . Herawati
  • . Yunilma

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang opinion shopping, audit tenure, audit lag, pertumbuhan perusahaan terhadap opini audit going concern. Opini audit going concern merupakan opini audit yang dikeluarkan oleh auditor untuk mengevaluasi apakah ada kesangsian tentang kemampuan entitas untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Masalah going concern merupakan hal yang kompleks dan terus ada sehingga diperlukan faktor-faktor yang digunakan sebagai tolak ukur dengan menentukan status going concern perusahaan.
Teori pada penelitian ini menggunakan teori agensi. Teori agensi merupakan teori menggambarkan hubungan antara dua individu yang berbeda kepentingan yaitu principal dan agent. Masalah diantara para pihak dapat timbul disebabkan adanya kepentingan yang saling bertentangan yang dapat menyebabkan menurunnya kualitas dari laporan keuangan agen yang menyusun laporan keuangan perusahaan cenderung lebih mementingkan kepentingannya. Oleh karena itu, peran auditor independen sangat dibutuhkan untuk mensimetrikan informasi antara kedua pihak.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018 pada perusahaan sektor manufaktur. Dengan menggunakan metode purposive sampling, sampel yang didapat 33 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 165. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi logistik.
Dalam penelitian ini menunjukan empat hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) opinion shopping tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern (2) audit tenure berpengaruh negatif terhadap opini audit going concern (3) audit lag tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern (4) pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa opinion shopping tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern, audit tenure berpengaruh negatif terhadap opini audit going concern, audit lag tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern, pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern.
Kata Kunci: Opini Audit Going Concern, Opinion Shopping, Audit Tenure, Audit Lag, Pertumbuhan Perusahaan.

Published

2019-08-14