PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CAFE CISANGKUY DI KOTA PADANG

Authors

  • OKTAFIANDI OKTAFIANDI
  • Irda Irda
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Saat ini kuliner sudah merupakan sebuah gaya hidup  yang tidak dapat dipisahkan dari  kehidupan  sehari–hari  karena  makanan  adalah  kebutuhan  sehari-hari.
Tingginya kebutuhan mendasar masyarakat di bidang pangan telah menimbulkan dampak  yang  besar  terhadap  dunia  usaha  kuliner.  Tujuan  dari  penelitian  ini untuk  mengungkap  pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan promosi terhadap kepuasan pelanggan Cafe Cisangkuy di Kota Padang.  Objek penelitian  ini adalah
pelanggan Cafe Ciangkuy di Kota Padang.
Teori dalam penelitian  ini adalah tentangkepuasan, menurut Tjiptono &
Chandra  (2012)  kepuasan  konsumen  merupakan  situasi  yang  ditunjukkan  oleh konsumen  ketika  mereka  menyadari  bahwa  kebutuhan  dan  keinginannya  sesuai dengan yang diharapkan serta terpenuhi secara baik.Sedangkan menurut Tjiptono (2012)  kualitas  merupakan  kondisi  dinamis  yang  berhubungan  dengan  produk,
jasa,manusia,  proses  dan  lingkungan  yang  memenuhi  atau  melebihi  harapan.
Begitu  juga  menurut  (Tjiptono,  2012)  lokasi  fasilitas  jasa  merupakan  salah  satu faktor krusial yang berpengaruh terhadap kesuksesansuatu jasa, karena lokasi erat kaitannya dengan pasar potensial penyedia jasa. Begitu juga menurut (Kotler dan Keller,  2009)  promosi  merupakan  salah  satu  bagian  dari  rangkaian  kegiatan
pemasaran suatu produk barang ataupun jasa.
Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 pelangganCafe Cisangkuy. Teknik penarikan  sampel  yang  digunakan   adalah  purposive  sampling.  Metode  analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil  dari  penelitian  ini  ditemukan  bahwa  kualitas  pelayanan,  promosi berpengaruh positif dan signifkan terhadap kepuasanpelanggan, sedangkan lokasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
Disarankan  dalam penelitian ini Cafe Cisangkuy  untuk  dapat  meningkatkan kualitas  pelayanan  dan  promosi  Cafe  Cisangkuy  agar  mereka  akan  menjadi pelanggan yang puas dan akan kembali ke Cafe Cisangkuy.


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Lokasi, Promosi Dan Kepuasan Pelanggan

Published

2019-08-14