PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS DAN PESAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN PROBIOTIK MEREK YAKULT DI KOTA PADANG
Abstract
Pada zaman sekarang ini semua orang banyak yang sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari. Sampai-sampai kita lupa dengan pola makan yang teratur karena kesibukan kita sendiri. Karena pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan sistem pencernaan kita terganggu. Di dalam usus kita, terdapat kurang lebih 100 jenis
bakteri. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh faktor psikologis dan pesan iklan terhadap keputusan pembelian minuman probiotik merek Yakult di Kota Padang.
Teori dalam penelitian ini Schiffman dan Kanuk (2007) mendefenisikan bahwa keputusan adalah seleksi terhadap dua pilihan alternatif atau lebih. Faktor psikologis merupakan salah satu faktor yang timbul dari dalam diri konsumen yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian (Kotler danAmstrong, 2001). Kotler dan Amstrong (2001) mengatakan periklanan adalah segalabiaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan barang atau jasa
 Populasi adalah konsumen yang mengkonsumsi minuman probiotik merek Yakult di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 138 responden dan penyebaran kuisioner sebanyak 138 orang konsumen yang mengkonsumsi minuman probiotik merek Yakult di Kota Padang. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minuman probiotik merek Yakult di Kota Padang dan pesan iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minuman probiotik merek  Yakult di Kota Padang. Hal tersebut mengindikasikan bahwa faktor psikologis dan pesan iklan menjadi pertimbangan konsumen untuk
membeli minuman probiotik merek Yakult di Kota Padang.
Bagi perusahaan minuman probiotik merek Yakult di Kota Padang
disarankan untuk meningkatkan faktor psikologis dan pesan iklan bagi konsumen untuk lebih meningkat keputusan pembelian konsumen terhadap pembelian minuman probiotik merek Yakult di Kota Padang.
Kata Kunci : Faktor Psikologis,Pesan Iklan Dan Keputusan Pembelian