PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS DAN PESAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN PROBIOTIK MEREK YAKULT DI KOTA PADANG

Authors

  • Yudha Hendri Ofjame Syahputra
  • Ice Kamela
  • Irda Irda

Abstract

Pada zaman sekarang ini semua orang banyak yang sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari.  Sampai-sampai  kita  lupa  dengan  pola  makan  yang  teratur  karena kesibukan  kita  sendiri.  Karena  pola  makan  yang  tidak  teratur  dapat  menyebabkan sistem pencernaan kita terganggu. Di dalam usus kita, terdapat kurang lebih 100 jenis
bakteri.  Tujuan  penelitian  ini  untuk  membuktikan  pengaruh  faktor  psikologis  dan pesan iklan terhadap keputusan pembelian minuman probiotik merek Yakult di Kota Padang.
Teori  dalam  penelitian  ini  Schiffman  dan  Kanuk  (2007)  mendefenisikan bahwa  keputusan  adalah  seleksi  terhadap  dua  pilihan alternatif  atau  lebih.  Faktor psikologis merupakan salah satu faktor yang timbul  dari dalam diri konsumen yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian (Kotler danAmstrong, 2001). Kotler  dan Amstrong (2001) mengatakan periklanan adalah segalabiaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi non  pribadi dalam bentuk gagasan barang atau jasa
 Populasi  adalah  konsumen  yang  mengkonsumsi  minuman probiotik  merek Yakult di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 138 responden dan  penyebaran  kuisioner  sebanyak  138  orang  konsumen  yang  mengkonsumsi minuman  probiotik  merek  Yakult  di  Kota  Padang.  Metode  analisa  data  yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
 Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  faktor  psikologis  berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minuman probiotik merek Yakult di Kota Padang  dan  pesan  iklan  berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pembelian minuman  probiotik  merek   Yakult  di  Kota  Padang.  Hal tersebut  mengindikasikan bahwa  faktor  psikologis  dan  pesan  iklan  menjadi  pertimbangan  konsumen  untuk
membeli minuman probiotik merek Yakult di Kota Padang.
Bagi  perusahaan  minuman  probiotik  merek  Yakult  di  Kota  Padang
disarankan  untuk  meningkatkan  faktor  psikologis  dan pesan  iklan  bagi  konsumen untuk lebih meningkat keputusan pembelian konsumen terhadap pembelian minuman probiotik merek Yakult di Kota Padang.


Kata Kunci : Faktor Psikologis,Pesan Iklan Dan Keputusan Pembelian

Published

2019-08-14