PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, CITRA MEREK DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Study Pada Pengguna Sepeda Motor Yamaha Nmax di Kota Padang)
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh kualitas produk, harga, citra merek dan layanan purna jual terhadap kepuasan konsumen pengguna sepeda motor Yamaha Nmax di Kota Padang.
Persaingan motor matik kelas 150cc terbukti pada hasil penjualan semester I tahun 2018 pada Yamaha NMax sebanyak 199.862 unit dan Honda PCX sebanyak 72.411 unit (Rahadiansyah 2018). Data penjualan merupakan wujud pengakuan dari konsumen terhadap merek sebuah produk. Fenomena yang terjadi, adanya perbedaan penjualan yang sangat jauh selisihnya antara penjualan Yamaha Nmax dengan Honda PCX, padahal Honda PCX lebih dahulu hadir dipasaran. Perbedaan dari hasil penjualan tersebut menggambarkan bentuk riil dari kepuasan konsumen, tentu ada faktor yang mempengaruhinya dan hal ini diduga karena adanya pengaruh dari kualitas produk, harga, citra merek dan layanan purna jual.
Memuaskan kebutuhan konsumen adalah keinginan setiap perusahaan. Selain faktor penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, memuaskan kebutuhan konsumen dapat meningkatkan
keunggulan dalam persaingan. Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja produk yang dirasakan terhadap kinerja yang diharapkan.
Objek dari penelitian ini adalah Yamaha Nmax, sementara populasinya adalah seluruh konsumen pengguna sepeda motor Yamaha Nmax di Kota Padang. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jenis data dalam penilitian yaitu data primer yang diperoleh dari kuesioner. Pada penelitian ini mengunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan menggunakan uji t-statistik untuk menguji koefisien regresi secara parsial dan uji F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan.
Dalam penelitian ini mengajukan empat hipotesisis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) Kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (2) Harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Padang (3) Citra merek tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (4) Layanan purna jual tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna sepeda motor Yamaha Nmax di Kota Padang, harga tidak
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna sepeda motor Yamaha Nmax di Kota Padang, citra merek tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna sepeda motor Yamaha Nmax di Kota Padang dan layanan purna jual tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna sepeda motor Yamaha Nmax di Kota Padang
Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Layanan Purna Jual, Kepuasan
Konsumen