PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KREATIVITAS IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLI CASTROL DIKOTA PADANG
Abstract
Perkembangan dunia otomotif pada saat ini sangat pesat hal ini dapat kita lihat dengan semangakin banyaknya kendaraan dan munculnya berbagai merek kendaraan yg ada sekarang ini, hal ini memberikan peluang munculnya perusahaan -perusahaan penunjang perkembangan otomitif salah satunya yaitu perusahaan pelumas kendaraan bermotor (Oli). Sal ah satu produsen pelumas kendaraan bermotor adalah Castrol, Castrol merupakan salah satu
produsen oli yang cukup baik dan memiliki konsumen yang cukup banyak di Kota Padang tetapi oli Castrol juga memiliki pesaing yang kuat dan memiliki penjualan lebih tinggi dibandingkan pesaingnya seperti Petamina, Penzoil, Top one dan lain-lain.
Menurut Kotler dan Keller (2009) keputusan pembelian merupakan tindakan nyata yang dilakukan konsumen untuk membeli produk atau jasa yang dibutuhkan. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian seperti persepsi harga, kualitas produk dan kreatifitas
iklan. Ketika persepsi harga, kualitas produk dan krativitas iklan  yang terbentuk postif maka kecenderungan keputusan konsumen untuk membeli merek produk yang dibutuhkan akan meningkat.
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan kreativitas iklan terhadap keputusan pembelian oli castrol dikota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 96 orang responden yang pernah membeli dan menggunakan
oli Castrol dikota Padang . Metode analisis pada penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi harga dan kreativitas iklan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian oli castrol dikota Padang dan kualitas produk tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian oli castrol di Kota Padang.
Disarankan untuk menetapkan harga yang strategis dan meningkatkan kreativitas iklan untuk mendorong meningkatnya keputusan pembelian konsumen terhadap oli castrol di Kota Padang.
Kata Kunci: Persepsi Harga, Kualitas Produk, Kreativitas Iklan dan Keputusan
Pembelian