PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KREATIVITAS IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLI CASTROL DIKOTA PADANG

Authors

  • Rio Kurniawan
  • Irda Irda
  • Purbo Jadmiko

Abstract

Perkembangan  dunia  otomotif  pada  saat  ini  sangat  pesat  hal  ini  dapat  kita  lihat  dengan semangakin banyaknya kendaraan dan munculnya berbagai merek kendaraan yg ada sekarang ini, hal ini memberikan peluang munculnya perusahaan -perusahaan penunjang perkembangan otomitif  salah  satunya  yaitu  perusahaan  pelumas  kendaraan  bermotor  (Oli).  Sal ah  satu produsen  pelumas  kendaraan  bermotor  adalah  Castrol,  Castrol  merupakan  salah  satu
produsen oli yang cukup baik dan memiliki konsumen yang cukup banyak di Kota Padang tetapi  oli  Castrol  juga  memiliki  pesaing  yang  kuat  dan  memiliki  penjualan  lebih  tinggi dibandingkan pesaingnya seperti Petamina, Penzoil, Top one dan lain-lain.
Menurut  Kotler  dan  Keller  (2009)  keputusan  pembelian  merupakan  tindakan  nyata  yang dilakukan konsumen untuk membeli produk atau jasa yang dibutuhkan. Beberapa faktor yang mempengaruhi  keputusan  pembelian  seperti  persepsi  harga,  kualitas  produk  dan  kreatifitas
iklan.  Ketika persepsi harga, kualitas produk dan krativitas iklan   yang terbentuk postif maka kecenderungan  keputusan  konsumen  untuk  membeli  merek  produk  yang  dibutuhkan  akan meningkat.
Tujuan  penelitian  untuk  menganalisis  pengaruh  persepsi  harga,  kualitas  produk  dan kreativitas  iklan  terhadap  keputusan  pembelian  oli  castrol  dikota  Padang.  Penelitian  ini menggunakan sampel sebanyak 96 orang responden yang pernah membeli dan menggunakan
oli Castrol dikota Padang . Metode analisis pada penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil  penelitian  ini  dapat  disimpulkan  bahwa  persepsi  harga  dan  kreativitas  iklan berpengaruh  positif  terhadap  keputusan  pembelian  oli  castrol  dikota  Padang  dan  kualitas produk tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian oli castrol di Kota Padang.
Disarankan untuk  menetapkan harga yang strategis dan meningkatkan kreativitas iklan untuk mendorong  meningkatnya  keputusan  pembelian  konsumen  terhadap  oli  castrol  di  Kota Padang.


Kata  Kunci:  Persepsi  Harga,  Kualitas  Produk,  Kreativitas  Iklan  dan  Keputusan
Pembelian

Published

2019-08-14