PENGARUH KEPERCAYAAN, GAYA HIDUP DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI WEBSITE LAZADA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG

Authors

  • Uga Saputra
  • Irda Irda
  • Reni Yuliviona

Abstract

Pada  saat  ini  perilaku  masyarakat  untuk  berbelanja  mengalami  perubahan,  keberadaan  media online telah mendorong berubah perilaku berbelanja masyarakat dari pasar konvensional menjadi
aktifitas  belanja  online  yang  diperantarai  oleh  server  belanja  berbasis  E-commerce.  Salah  satu website  berbelanja terkemuka di Indonesia adalah Lazada. Pengakses Lazada pada saat ini tidak
saja lagi dilakukan oleh konsumen perempuan akan tetapi telah diakukan oleh seluruh  kalangan masyarakat  khususnya  mahasiswa  di  Universitas  Bung  Hatta.  Faktor  kepercayaan,  gaya  hidup dan electronic word of mouth  menjadi variabel yang diduga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk melakukan aktifitas pembelian online dengan menggunakan website Lazada.
Pada penelitian ini digunakan 100 orang mahasiswa yang dipilih secara acak.  Pada penelitian ini digunakan  dua  variabel  yaitu  variabel  dependen  yang  diukur  dengan   keputusan  pembelian. Variabel  kedua  adalah  variabel  independen  yang  diukur  dengan  kepercayaan,  gaya  hidup  dan electronic  word  of  mouth.  Metode  analisis  yang  digunakan  yang  digunakan  adalah  regresi berganda dan uji t-statistik.Berdasarkan  hasil  pengujian  hipotesis  ditemukan  bahwa  kepercayaan  dan  gaya  hidup berpengaruh  positif  terhadap  keputusan  pembelian  konsumen  melalui  website  Lazada  pada mahasiswa  Universitas  Bung  Hatta  Padang  sedangkan  electronic  word  of  mouth  tidak berpengaruh  signifikan  terhadap  keputusan  pembelian  konsumen  melalui  website  Lazada  pada mahasiswa  Universitas  Bung  Hatta  Padang.  Hasil  yang  diperoleh  menunjukan  bahwa  semakin tinggi dan tingkat kepercayaan dan gaya hidup yang dimiliki konsumen semakin meningkatkan keinginan  atau  keputusan  pembelian   mahasiswa  di  Universitas  Bung  Hatta  untuk  berbelanja
dengan mengunakan website Lazada di Kota Padang.
Berdasarkan  hasil  pengujian  hipotesis  diharapkan  kepada  pengelola  website  Lazada,  sesuai dengan  hasil  yang  diperoleh  dalam  penelitian  ini  menunjukan  bahwa  kepercayaan  merupakan variabel  yang  paling  besar  kontribusi  pengaruhnya  terhadap  keputusan  konsumen  berbelanja online  melalui website  Lazada, oleh sebab itu sangat penting bagi pihak pengelola  website  untuk terus  menjaga  dan  meningkatkan  kepercayaan  konsumen  dengan  cara  menjamin  keamanan transaksi  melalui  website  Lazada,  kesesuaian  informasi  dengan  kenyataan  yang  dirasakan konsumen, serta memperkuat komitmen pengelola  website  dan penjual pada konsumen. Dengan
meningkatnya  kepercayaan  konsumen  pada  pemanfaatan  website  Lazada  akan  mendorong terjaganya eksistensi  website dalam jangka panjang.
Kata Kunci:  Kepercayaan,  Gaya  Hidup,  Electronic  Word  of  Mouth  &  Keputusan
Pembelian

Published

2019-08-14