PENGARUH KEPERCAYAAN, GAYA HIDUP DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI WEBSITE LAZADA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG
Abstract
Pada saat ini perilaku masyarakat untuk berbelanja mengalami perubahan, keberadaan media online telah mendorong berubah perilaku berbelanja masyarakat dari pasar konvensional menjadiaktifitas belanja online yang diperantarai oleh server belanja berbasis E-commerce. Salah satu website berbelanja terkemuka di Indonesia adalah Lazada. Pengakses Lazada pada saat ini tidak
saja lagi dilakukan oleh konsumen perempuan akan tetapi telah diakukan oleh seluruh kalangan masyarakat khususnya mahasiswa di Universitas Bung Hatta. Faktor kepercayaan, gaya hidup dan electronic word of mouth menjadi variabel yang diduga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk melakukan aktifitas pembelian online dengan menggunakan website Lazada.
Pada penelitian ini digunakan 100 orang mahasiswa yang dipilih secara acak. Pada penelitian ini digunakan dua variabel yaitu variabel dependen yang diukur dengan  keputusan pembelian. Variabel kedua adalah variabel independen yang diukur dengan kepercayaan, gaya hidup dan electronic word of mouth. Metode analisis yang digunakan yang digunakan adalah regresi berganda dan uji t-statistik.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa kepercayaan dan gaya hidup berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen melalui website Lazada pada mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang sedangkan electronic word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen melalui website Lazada pada mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa semakin tinggi dan tingkat kepercayaan dan gaya hidup yang dimiliki konsumen semakin meningkatkan keinginan atau keputusan pembelian  mahasiswa di Universitas Bung Hatta untuk berbelanja
dengan mengunakan website Lazada di Kota Padang.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diharapkan kepada pengelola website Lazada, sesuai dengan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa kepercayaan merupakan variabel yang paling besar kontribusi pengaruhnya terhadap keputusan konsumen berbelanja online melalui website Lazada, oleh sebab itu sangat penting bagi pihak pengelola website untuk terus menjaga dan meningkatkan kepercayaan konsumen dengan cara menjamin keamanan transaksi melalui website Lazada, kesesuaian informasi dengan kenyataan yang dirasakan konsumen, serta memperkuat komitmen pengelola website dan penjual pada konsumen. Dengan
meningkatnya kepercayaan konsumen pada pemanfaatan website Lazada akan mendorong terjaganya eksistensi website dalam jangka panjang.
Kata Kunci: Kepercayaan, Gaya Hidup, Electronic Word of Mouth & Keputusan
Pembelian
Downloads
Published
2019-08-14