PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN PREMI ASURANSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH JP-ASTOR ASURANSI JASARAHARJA PUTERA

Authors

  • Ilham Saputra
  • Dahnil Johar
  • Zeshasina Rosha

Abstract

JP-Astor  merupakan satu dari 10 produk  unggulan  yang ditawarkan oleh Asuransi Jasaraharja Putra yang  memberikan pelayanan  asuransi  untuk  kendaran mobil dan motor, akan tetapi  jumlah nasabah  JP-Astor  adalah yang  paling sedikitdibandingkan  produk  asuransi  lainnya,  dan  pada  tahun  2016  terjadi  penurun jumlah nasabah yang sangat  signifikan yaitu sebesar 69.1%.Tujuan dari penelitian
ini  adalah  untuk  menganalisis  pengaruh  kualitas  pelayanan,  kepercayaan  dan premi asuransi terhadap kepuasan nasabah JP-Astor Jasaraharja Putra.
Teori  pada  penelitian  ini  menggunakan  teori  kepuasaan,kualitas
pelayanan,kepercayaan  dan  premi  asuransi.  Menurut  Kotler  dan  Keller  (2009) kepuasan  adalah  tingkat  perasaan  seseorang  setelah  membandingkan  kinerja (hasil)  yang  ia  rasakan  dengan  harapannya.  Sedangkan  kuliatas  layanan  adalah suatu daya tanggap dan realitas dari jasa yang diberikan perusahaan (Kotler,2009).
Sementara  itu  menurut  Mowen  dan  Minor  (2012)  menyatakan  kepercayaan konsumen  adalah  semua  pengetahuan  yang  dimiliki  oleh  konsumen  dan  semua kesimpulan  yang  dibuat  konsumen  tentang  objek,atribut  dan  manfaatnya.
Sementara itu premi atau tarif asuransi merupakan harga perunit produk asuransi(Darmawi,2004)Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh  nasabah  asuransi  JP-Astor Jasaraharja  Putera  Padang.  Adapun  jumlah  sampel  yang  digunakan  dalam penelitian  ini  adalah  sebanyak  90  orang  responden  dengan  teknik  pengambilan
sampel yaitu  purposive sampling.  Pada penelitian ini mengunakan teknik analisis data  yaitu  analisis  regresi  berganda,  uji  hipotesis  dengan  menggunakan  uji  tstatistik  untuk  menguji  koefisien  regresi  secara  parsial  dan  uji  F-statistik  untuk menguji  pengaruh  secara  simultan.Penelitian  ini  menemukan  bahwa  kualitas pelayanan, kepercayaan dan premi asuransi  secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan nasabah JP-Astor Jasaraharja Putra Padang.
Bedasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pihak JP-Astor Jasaraharja Putera  agar  selalu  mempertahankan  dan  meningkatkan  kualitas  layanan  dan kepercayaan serta selalu memperhatikan premi asuransinya

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Premi Asuransi, Dan Kepuasan

Published

2019-08-14