PENGARUH EXPERIENTIAL MAREKTING, KUALITAS PRODUK DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN JOSIE CAKE
Abstract
Bisnis kue bukanlah bisnis baru, namun sampai saat ini masih memperlihatkan prospek yang cukup bagus dengan membuka usaha kue. Salah satu toko kue yang masih memperlihatkan prospek bagus adalah Josie cake. Dalam enam bulan terakhir (bulan oktober2018 sampai bulan Maret 2019) penjualan kue toko Josie lebih banyak dibandingkan toko kue pesaing, namun untuk minat pembelian ulang kembali dari pelanggan Josie cake sangat rendah dibanding pesaing. Dan jika hal ini dibiarkan maka akan dapat menyebabkan
kehilangan pelanggan yang loyal dan akan berdampak pada pendapatan toko Josie cake.
Loyalitas pelanggan menurut Zikmund (dalam Gaffar,2007:72) dapat dipengaruhi oleh loma faktor yang berkaitan dengan experiential marketing, kualitas produk dan nilai pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana pengaruh dari experiential marketing, kualitas produk dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pleanggan Josie cake.
Menurut Bowen & Chen (2001) loyalitas pelanggan adalah sejauhmana pelanggan menunjukkan perilaku pembelian ulang terhadap produk, memiliki disposisi sikap positif terhadap produk & mempertimbangkan hanya menggunakan produk ini ketika kebutuhan untuk produk muncul. Schmitt (2001) menyatakan experiential marketing adalah posisi dari sudut pandang konsumen terhadap pengalaman konsep pembelian, proses pembelian, pikiran
tentang pembelian, dorongan membeli dan itu semua berasal dari sense, feeling, thinking, action and connection konsumen lima aspek ini mendefinisikan & merancang cara berfikir tentang pemasaran. Kotler dan Amstrong (2012) menyatakan kualitas produk adalah
karakteristik dari suatu produk atau layanan yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan pelanggan. Penting untuk dicatat bahwa kualitas produk tidak ditinjau oleh sudut pandang perusahaan, itu terlihat dari perspektif pelanggan.  Woodruff (1997)
menjelaskan nilai pelanggan adalah preferensi yang dirasakan pelanggan untuk evaluasi atribut produk, kinerja atribut, dan konsekuensi yang muncul dari penggunaan fasilitas untuk mencapai tujuan pelanggan dan tujuan dalam kondisi pemakaian.
Objek dari penelitian ini toko kue Josie. Data diperoleh menggunakan kuesioner kepada pelanggan. Methode yang digunakan adalah purposive sampling (memiliki kriteria pembelian 1 bulan terakhir, minimal 2 kali pembelian dan umur diatas 15 tahun) terhadap 138 responden.
Dimana analisi yang digunakan metode analisis jalur dengan bantuan spss (statical package of social science) versi 17. Dalam tujuan penelitian ini menggunakan analisis data dengan teknik validitas, reliabilitas, regresi dan pembuktian hipotesis (uji t).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa experiential marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Josie cake. Hasil penelitian berikunya menunjukkan kualitas produk memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan Josie cake. Begitu juga dengan hasil penelitian nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Josie cake menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan.
Kata kunci :Experiential Marketing, Kualitas Produk, Nilai Pelanggan, Loyalitas
Pelanggan
Downloads
Published
2019-08-14