PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING STUDI PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA
Abstract
Penilitian ini menguji tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada pelanggan Maskapai Garuda Indonesia. Perkembangan bisnis maskapai penerbangan kini semakin ketat.Perkembangan bisnis maskapai penerbangan membawa konsekuensi semakin diperhatikannya pengembangan penerapan strategi pemasaran ke arah yang lebih kompetitif.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pelanggan Maskapai Garuda Indonesia keberangkatan Bandar Udara International Minangkabau, dengan menggunakan metode survei kuesioner. Penelitan ini menggunakan sampel sebanyak 115 responden dengan metode penarikan sampel purposive sampling.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh  signifikan terhadap loyalitas pelanggan Maskapai Garuda Indonesia.
Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelangganMaskapai Garuda Indonesia. Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Maskapai Garuda Indonesia, dan kepuasan memediasi pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.
Dengan demikian hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa kepuasan memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Maskapai Garuda Indonesia.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan
Downloads
Published
2019-08-14