PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TAX AVOIDANCE

Authors

  • Edrani Desva Hidayati
  • Resti Yulistia Muslim
  • Popi Fauziati

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap tax avoidance. perusahaan berusaha melakukan penghindaran pajak dengan memperkecil jumlah pembayaran pajak sehingga laba yang ditargetkan oleh perusahaan tercapai (Dharma dan Naniek, 2017). Pajak merupakan faktor yang memotivasi pengambilan keputusan perusahaan. Semakin besar penghasilan yang diperoleh berarti semakin besar beban pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Hal ini tidak sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memaksimalkan pendapatan pajak (Lanis dan Richardson, 2013). Pemerintah menyatakan bahwa pembangunan nasional adalah kegiatan yang berlangsung secara terus-menerus dan berkesinambungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat baik materil maupun spiritual dengan menggali sumber dana yang berasal dari dalam negeri berupa pajak. Pajak digunakan untuk membiayai pembangunan yang berguna bagi kepentingan bersama (Waluyo, 2013) Teori pada penelitian ini menggunakan teori agency dan teori legitimasi. Teori agency menyatakan bahwa hubungan keagenan sebagai kontrak antara satu atau beberapa orang (pemberi kerja atau principal) yang mempekerjakan orang lain (agen) untuk melakukan sejumlah jasa dan memberikan wewenang dalam pengambilan keputusan (Jensen dan Meckling, 1976). Teori legitimasi adalah sistem pengelolaan perusahaan yang berorientasi pada keberpihakan terhadap masyarakat (society), pemerintah, individu dan kelompok masyarakat (Gray et al, 2001). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu sehingga diperoleh dari 274 perusahaan ada 80 perusahaan yang dapat dijadikan sampel. Pengujian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Penelitian ini mengajukan satu hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh positif signifikan terhadap taxavoidance. Apabila pengungkapan CSR semakin tinggi maka semakin tinggi pula taxavoidance perusahaan karena biaya yang dikeluarkan perusahaan yang besar untuk mendanai CSR. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, GRI Standards 2016, Tax Avoidance

Published

2019-08-15