PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017)

Authors

  • Yoko Naufal Verisson
  • . Ethika
  • Resti Yulistia Muslim

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai
perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Corporate Social
Responsibility bersifat wajib/menjadi sebuah kewajiban bagi beberapa perusahaan untuk
menerapkannya. Hal ini diatur dalam UU nomor 40 tahun 2007. Tentang perseroan terbatas
(UUPT), yang disahkan pada tahun 2007 (Sutopoyo, 2009).

Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah” Teori Stakeholder”, teori stakeholder
dipakai pada penelitian ini karena menyangkut dengan perusahaan. Teori stakeholder muncul
karena adanya kesadaran dan pemahaman bahwa perusahaan memiliki stakeholder. Teori
Stakeholder mengatakan bahwa perusahaan bukan entitas yang hanya beroperasi untuk
kepentingan sendiri, namun harus memberikan manfaat bagi stakeholder (pemegang saham,
kreditor, konsumen, supplier, pemerintah, masyarakat, dan lain-lain). Teori ini
menggambarkan kepada pihak mana saja perusahaan bertanggung jawab (Waranti, 2009 dan
Chairi, 2011).

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di
BEI, dengan alasan:perusahaan-perusahaan manufaktur lebih banyak mempunyai
pengaruh/dampak terhadap lingkungan di sekitarnya sebagai akibat dari aktivitas yang
dilakukan perusahaan. Penelitian ini menggunakan periode penelitian tahun 2014 sampai
2017. Persuhaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 perusahaan,
metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan “Purposive Sampling”.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan manufaktur
periode 2014-2017.

Dalam penelitian ini mengajukan dua hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa
(1) Variabel CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) Variabel
profitabilitas sebagai variabel moderasi tidak dapat mempengaruhi hubungan CSR dan nilai
perusahaan.

Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa CSR berpengaruh signifikan terhadap
nilai perusahaan, Profitabilitas sebagai variabel moderasi tidak dapat mempengaruhi
hubungan CSR dan nilai perusahaan.

Kata kunci: CSR, Nilai Perusahaan, Profitabilitas

Published

2019-08-15