Analisi Pengaruh Nilai Tukar, Suku Bunga SBI, Jumlah Uang Beredar Terhadap Inflasi Di Indonesia

Authors

  • Suci Rahma Dani
  • Alvis Rozani
  • Helmawati Helmawati

Abstract

Inflasi yaitu kecenderungan kenaikan harga-harga barang, kecuali bila kenaikan tersebut meluas pada sebagian besar dari harga barang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh nilai tukar, suku bunga SBI dan jumlah uang beredar terhadap inflasi di Indonesia.

 

Teori pada penelitian ini menggunakan teori inflasi, nilai Tukar, suku bungga SBI, dan jumlah uang beredar. Inflasi yaitu kecenderungan kenaikan harga-harga barang, kecuali bila kenaikan tersebut meluas pada sebagian besar dari harga barang lain. Inflasi yang berlaku dari suatu periode ke periode lainnya. Kurs perbandingan harga  (Luwihadi dan Arka, 2015) adalah kurs mencapai pertumbuhan ekonomi disuatu negara, harga stabilitas, nilai kebijakan tingkat atau bunga bank, dan pembayaran neraca keseimbangan, untuk serta kesempatan mencapai kerja. Suku bunga dapat diartikan sebagai harga yang harus dibayarkan kepada nasabah yang memiliki simpanan dengan ketentuan nasabah yang memperoleh pinjaman harus membayarkan melalui bank (Kasmir,2002). Bank Indonesia melakukan penguatan kerangka operasi moneter dengan mengimplementasikan suku bunga acuan atau suku bunga kebijakan baru yaitu BI 7-Day (Reverse) Repo Rate, yang berlaku efektif sejak 19 Agustus 2016, menggantikan BI Rate. Uang beredar dibedakan menjadi uang beredar dalam arti sempit (M1) yang mencakup uang kartal dan uang giral.

 

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data time series dan diperoleh dari beberapa lembaga pemerintah. Metode estimasi yang digunakan adalah regresi linear berganda periode 1998 – 2018.

 

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa  suku bunga SBI dan jumlah uang beredar berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap inflasi di Indonesia, dan nilai tukar berhubungan negative dan berpengaruh signifikan. Sedangkan secara bersama- sama semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap inflasi di Indonesia.

 

Kata Kunci : Inflasi, Nilai Tukar, Suku Bunga SBI, Jumlah Uang Beredar

Published

2019-08-15