PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KURNIA INDAH TRAVEL KOTA PADANG

Authors

  • daniHalim Hafiz Ahmadi
  • Dahliana Kamener
  • Linda Wati

Abstract

Kebutuhan pelanggan pada saat sekarang sangat beraneka ragam, contohnya saja pada jasa transportasi. Hal ini tentunya membuat para pengusaha berlomba untuk memberi  yang terbaik  kepada  Pelanggannya,  dimana  para  peneyedia  jasa  transportasi  bersaing  dalam mendapatkan  loyalitas  dari  pelanggan  agar  mereka  bersedia  menggunakan  jasa  yang  telah disediakan  secara  terus  menerus.  Demi  mendapatkan  loyalitas  pelanggan  tentunya  perlu kualitas pelayanan yang baik dan harga yang sesuai agar terciptanya pola pikir  yang positif dari pelanggan hingga bisa membuat pelanggan merasa puas dan menjadi loyal terhadap jasa transportasi yang disediakan.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  dan  membuktikan  pengaruh  kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai intervening pada Kurnia  Indah  Travel  Kota  Padang.  Ukuran  sampel  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini
sebanyak  139  orang.  Metode  analisis  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  yaitu  analisa deskriptif, outer  model,  inner  model.
Berdasarkan  hasil  pengujian  hipotesis  yang  telah  dilakukan  ditemukan  bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, tetapi  kualitas  pelayanan  dan  harga  tidak  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap
loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada Kurnia Indah Travel Kota Padang.
Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka  peranan penting bagi  pemilik  Kurnia  Indah  Travel  untuk  menjaga  bahkan  meningkatkan  pelayanan  yang semakin baik serta mengontrol harga agar selalu kompetitif  dan menambah fasilitas lainnya
yang tidak tersedia di Kurnia Indah Travel, karena kenyamanan dan kepuasan yang dirasakan pelanggan  menjadi  poin  penting  untuk  mendorong  loyalitas  pelanggan  agar  selalu menggunakan jasa Kurnia Indah Travel.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan

Published

2019-08-15