PENGARUH PELATIHAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN AREA PELAYANAN PDAM KOTA PADANG
Abstract
Air merupakan anugerah yang harus dikelola sedemikian rupa agar tidak menjadi sumber konflik antar sesama. Pengelola air salah satunya adalah PDAM di kota Padang. Beberapa tahun terakhir PDAM kota Padang tingkat komplain dari masyarakat meningkat dengan tingginya tingkat keluhan dari masyarakat hal ini menunjukkan PDAM kota Padang mengalami penurunan terhadap pelayanan. Seperti yang dikatakan Robbins dan Judge (2012) bahwa hasil pelanggan positif berhubungan dengan kepuasan kerja karyawan. Maka dili hat dari permasalahan pelanggan menunjukkan hubungan negatif, hal ini membuktikan kepuasan kerja karyawan menurun atau tidak puasnya karyawan dalam bekerja. Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh pelatihan dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan unit pelayanan PDAM Kota Padang dalam mendorong meningkatnya kinerja sumber daya manusia supaya tidak terdapat lagi keluhan dari masyarakat terkait pelayanan yang di berikanoleh PDAM Kota Padang.
Menurut Rini (2016) Kepuasan kerja merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan hasil yang dirasakan atau didapatkannya dengan apa yang menjadi harapannya. Pelatihan menurut Suparyadi (2015) Pelatihan didefinisikan sebagai suatu proses
pembelajaran secara sistematis yang mencakup penguasaan pengetahuan, meningkatkan keterampilan,serta perubahan sikap dan perilaku guna meningkatkan kinerja karyawan.  Iklim organisasi menurut Rahimic (2013) menyatakan iklim organisasi sebagai persepsi seseorang terkait aspek pekerjaan dan nilai-nilai organisasinya, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa iklim organisasi adalah persepsi masing-masing individu mengenai karakteristik dan kondisi organisasi yang mempengaruhi perilaku seseorang menjalani pekerjaan.
Metode pengambilan sampel yaitu metode sensus yang disebarkan kepada 75 orang karyawan tetap yang ada di area pelayanan PDAM kota padang. Analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesis yaitu menggunakan analisa deskriptif dan analisa inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dan variabel iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan Area Pelayanan PDAM Kota Padang.
Kesimpulan dan saran dalam penelitian ini adalah dalam rangka meningkatkan kepuasan kerja karyawan area pelayanan PDAM Kota Padang Perusahaan harus memperhatikan pelatihan dan iklim organisasi agar karyawan puas dalam bekerja sehingga dapat bekerja optimal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Kata kunci : Pelatihan, iklim organisasi, kepuasan kerja.
Downloads
Published
2019-08-15