PENGARUH PELATIHAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN AREA PELAYANAN PDAM KOTA PADANG

Authors

  • Irma Jalita
  • Dahnil Johar
  • Ice Kamela

Abstract

Air  merupakan  anugerah  yang  harus  dikelola  sedemikian  rupa  agar  tidak  menjadi  sumber konflik antar  sesama.  Pengelola  air  salah  satunya  adalah  PDAM  di  kota  Padang.  Beberapa tahun  terakhir  PDAM  kota  Padang  tingkat  komplain  dari  masyarakat  meningkat  dengan tingginya  tingkat  keluhan  dari  masyarakat  hal  ini  menunjukkan  PDAM  kota  Padang mengalami penurunan terhadap pelayanan. Seperti yang dikatakan  Robbins dan Judge (2012) bahwa hasil pelanggan positif berhubungan dengan kepuasan kerja karyawan. Maka dili hat dari permasalahan pelanggan menunjukkan hubungan  negatif, hal ini membuktikan kepuasan kerja karyawan menurun atau tidak puasnya karyawan dalam bekerja. Tujuan dari penelitian ini  mengetahui  pengaruh  pelatihan  dan  iklim  organisasi  terhadap  kepuasan  kerja karyawan unit  pelayanan  PDAM  Kota  Padang  dalam  mendorong  meningkatnya  kinerja  sumber  daya manusia supaya tidak terdapat lagi keluhan dari masyarakat terkait pelayanan yang di berikan
oleh PDAM Kota Padang.
Menurut  Rini  (2016)  Kepuasan  kerja  merupakan  tingkat  perasaan  seseorang  setelah membandingkan  hasil  yang  dirasakan  atau  didapatkannya  dengan  apa  yang  menjadi harapannya. Pelatihan menurut Suparyadi (2015) Pelatihan didefinisikan sebagai suatu proses
pembelajaran  secara  sistematis  yang  mencakup  penguasaan  pengetahuan,  meningkatkan keterampilan,serta perubahan sikap dan perilaku guna meningkatkan kinerja karyawan.   Iklim organisasi menurut Rahimic (2013) menyatakan iklim organisasi sebagai persepsi seseorang terkait  aspek  pekerjaan  dan  nilai-nilai  organisasinya,  dengan  demikian  dapat  dinyatakan bahwa iklim organisasi adalah persepsi masing-masing individu mengenai karakteristik dan kondisi organisasi yang mempengaruhi perilaku seseorang menjalani pekerjaan.
Metode  pengambilan  sampel  yaitu  metode  sensus  yang  disebarkan  kepada  75  orang karyawan  tetap  yang  ada  di  area  pelayanan  PDAM  kota  padang.  Analisis  yang  digunakan untuk membuktikan hipotesis yaitu menggunakan analisa deskriptif dan analisa inferensial.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  variabel  pelatihan  berpengaruh  positif  dan  signifikan terhadap  kepuasan  kerja  karyawan  dan  variabel  iklim  organisasi  berpengaruh  positif  dan signifikan  terhadap  kepuasan  kerja  karyawan  Area  Pelayanan  PDAM  Kota  Padang.
Kesimpulan  dan  saran  dalam  penelitian  ini  adalah  dalam  rangka  meningkatkan  kepuasan kerja  karyawan  area  pelayanan  PDAM  Kota  Padang  Perusahaan  harus  memperhatikan pelatihan  dan  iklim  organisasi  agar  karyawan  puas  dalam  bekerja  sehingga  dapat  bekerja optimal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Kata kunci : Pelatihan, iklim organisasi, kepuasan kerja.

Published

2019-08-15