PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( STUDI KASUS PADA TOKO TEKSTIL RAS JAYA PADANG )

Authors

  • M.Rezky Dhiko Pratama
  • Reni Yuliviona
  • Linda Wati

Abstract

Industri  tekstil  merupakan  salah  satu  industri  yang  diprioritaskan   untuk dikembangkan  karena  memiliki  peran  penting  dalam  perekonomian  nasional  yaitu  sebagai penyumbang devisa negara. Selain itu, industri tekstil juga sebagai industri yang diandalkan
untuk  memenuhi  kebutuhan  sandang  nasional.  Industri  tekstil  sebagai  salah  satu  industri utama dalam pembuat bahan baku dari kebutuhan masyarakat yaitu sandang atau pakaian.
Salah satu industri tekstil yang ada di kota Padang yaitu Ras Jaya Textil, merupakan salah satu toko penjual kain yang berada di kota Padang. Toko ini menjual berbagai macam jenis kain yang dibutuhkan pelanggan. Toko tekstil Ras jaya mempunyai satu toko pusat yang berada di Pasar Raya Padang dan lima cabang toko  yang berada di Sentral Pasar  Raya dan Muara Bungo.
Penilitian  ini  menguji  tentang  Pengaruh  Experiental  Marketing  terhadap  Loyalitas Pelanggan  dengan Kepuasan  Pelanggan  sebagai Variabel Intervening  Toko Tekstil Ras Jaya Padang.  Penilitan  ini  menggunakan  sampel  sebanyak  100  responden  dengan  metode
penarikan sampel purposive sampling.
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  Experiental  Marketing berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  Loyalitas  pelanggan  Toko  Tekstil  Ras  Jaya Padang.  Kepuasan  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  Loyalitas  pelanggan  Toko Tekstil Ras Jaya Padang.  Experiental Marketing berpengaruh  positif dan  signifikan terhadap Loyalitas  pelanggan  Toko  Tekstil  Ras  Jaya  Padang  dengan  Kepuasan  sebagai  Variabel intervening.
Kata kunci :  Experiental Marketing,  Loyalitas Pelanggan  Toko Tekstil Ras Jaya Padang, Kepuasan  Pelanggan  Toko
Tekstil Ras Jaya Padang

Published

2019-08-15