PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI WORM SPEED SHOP PADANG

Authors

  • Gunar Mirdal
  • Mery Trianita
  • Yuhelmi Yuhelmi

Abstract

Seiring  dengan  perkembangan  dunia  otomotif,  bisnis  usaha  bengkel  motor menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Hal ini dapat dilihat dari munculnya dari  bengkel  yang  tersebar  di  tiap  tempat  yang  memberikan  pelayanan  service kendaraan.  Baik  bengkel  yang  bersifat  resmi  maupun  tidak  resmi.  Salah  satu
bengkel  yang  ada  di  kota  Padang  yaitu  Bengkel  Worm  Speed  Shop.  Bengkel Worm Speed Shop bertempat di Jl. Bandar Pulau Karam, Padang Barat. Bengkel Worm  Speed  Shop  tidak  hanya  menjual  berbagai  macam  spare  part,  aksesoris motor dan juga menawarkan jasa service motor dari berbagai merk.  Worm Speed Shop    menunjukan  bahwa  tidak adanya peningkatan  pelanggan. Serta pernyataan responden  tentang  kepuasan  mengenai  kualitas  pelayanan  dan  harga  dimana memang banyak responden yang menyatakan kurang puas.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisa  dan  membuktikan  pengaruh  kualitas pelayanan  dan  harga  terhadap kepuasan pelanggan  di Worm Speed Shop Padang. Ukuran  sampel  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  sebanyak  60  orang   yang
menggunakan jasa di Worm Speed Shop.  Pengujian dalam penelitian ini yaitu uji validitas,  uji  reliabilitas,  analisis  deskriptif,  uji  normalitas,   analisis  inferensial, analisis  regresi  linear  berganda,  uji  koefisien  determinan  (R2),  dan  uji t-statistik dengan  bantuan  program  SPSS  versi  16.0.  Dengan  teknik  dengan  sampel menggunakan metode purposive Sampling.
Berdasarkan  hasil  pengujian  hipotesis  yang  telah  dilakukan  ditemukan  bahwa kualitas  pelayanan  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  kepuasan pelanggan,  selanjutnya  harga  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap kepuasan pelanggan.
Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka  pihak bengkel Worm  Speed  Shop  lebih  memperhatikan  dan  meningkatkan  lagi  pada  bagian kualitas  Pelayanan  dan  harga  yaitu  kemampuan  mekanik  dalam  memberikan pelayanan  kepada  pelanggan  dengan  tepat  waktu  dan  perhatian  terhadap pelanggan serta  pelayanan pada pelanggan tidak membedakan status sosial demi
tercapainya tingkat kepuasan pelanggan secara maksimal  kemudian menyesuaikanharga  yang  ditetapkan  oleh  bengkel  Worm  Speed  Shop  Padang  sesuai  dengan pelayanan  yang diberikan agar pelanggan merasa biaya  yang dikeluarkan sesuai dengan manfaat yang diterima.
Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Pelanggan

Published

2019-08-15