PENGARUH PERECEIVED BENEFIT DAN PERCEIVED SACRIFICE TERHADAP PERECEIVED CUSTOMER VALUE (STUDI EMPIRIS PADA PENGGUNA APPLE MACBOOK DI KOTA PADANG)

Authors

  • Elfina Dwi Putri
  • Reni Yuliviona
  • Wiry Utami

Abstract

Salah  satu  merek  perangkat  teknologi  yang  berbasis  multimedia  di  Amerika  Serikat  adalah Apple.  Merek  berbasis  teknologi  dikenal  sebagai  merek  yang  image  dan  reputasi  yang  begitu tinggi sehingga produk yang mereka hasilkan dijual dengan tarif harga yang tinggi. Produk Appleyang paling dikenal adalah Iphone series hingga  Macbook  dengan basis operasional yang relatif berbeda dengan Microsoft. Hingga saat ini peredaran dan pemasaran Macbook terus berkembang dan  telah  menjangkau  wilayah  pemasaran  yang  luas  di  seluruh  dunia.   Salah  satu  wilayah pemasaran  yang  potensial  adalah  Indonesia  pada  umumnya  dan  Kota  Padang  pada  khususnya (Zakaria, 2017)
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  membuktikan  dan  menganalisis  pengaruh  perceived  benefit  dan perceived sacrifice  terhadap  perceived customer value  pada pengguna  Apple Macbook  di Kota
Padang. Pada penelitian ini digunakan beberapa orang pengguna Apple Macbook di Kota Padang yang dipilih secara  random. Pada penelitian in dikelompokan dua jenis variabel  yaitu variabel eksogen terdiri dari  perceived usefulness, perceived playfulness, perceived price,  dan  perceived easy of use. Variabel kedua adalah endogen yaitu diukur dengan perceived customer value.
Alat  analisis  yang  digunakan  untuk  membuktikan  kebenaran  hipotesis  adalah  SEM  (Structural Equation  Model)  yang  diolah  dengan  menggunakan  SmartPLS.  Hasil  pengujian  hipotesis ditemukan  bahwa  perceived  usefulness  tidak  berpengaruh  signifikan  terhadap  perceived customer  value,  sedangkan  perceived  playfulness,  perceived  price  dan  perceived  easy  of  useberpengaruh  signifikan  terhadap  perceived  customer  value  pada  pengguna  Apple  Macbook  di Kota Padang. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa kemudahan memainkan produk, persepsi harga  dan  kemudahan  dalam  menggunakan  berpengaruh  terhadap  nilai  atau  manfaat  yang dirasakan pengguna Apple Macbook di Kota Padang.
Sesuai  dengan  hasil  yang  diperoleh  disarankan  bagi  pengguna  Macbook  diharapkan  sebelum membeli  perangkat  Macbook  mereka  harus  terlebih  dahulu  mempelajari  tata  cara  pemakaian karena perangkat Macbook memiliki system operasi yang berbeda, dengan adanya latihan konsep perceived  playfulness  akan  semakin  tinggi  sehingga  mendorong  meningkatnya  perceived customer value dalam bentuk manfaat yang dirasakan dalam menggunakan Macbook.
Kata Kunci :   Perceived Usefulness, Perceived Playfulness, Perceived Price, Perceived Easy of Use Dan  Perceived Customer Value

Published

2019-08-15