PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MALALA TOUR AND TRAVEL DI KOTA PADANG

Authors

  • Roby Astria Imran
  • Zeshasina Rosha
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Perkembangan  pariwisata  sudah  sedemikian  pesat  dan  terjadi  suatu  fenomena yang sangat global dengan melibatkan jutaan manusia, baik kalangan masyarakat industri pariwisata maupun kalangan pemerintah dengan biaya yang tidak sedikit.
Kebijakan pemerintah yang diatur dan diberlakukan pada UU No. 2 Tahun 2004 yang  memberikan  kewenangan  lebih  luas  pada  Pemerintah  Daerah  untuk mengelola  wilayahnya.  Tujuan  dari  penelitian  ini  untuk  mengungkap  pengaruh harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen Malala  Tour and Traveldi Kota Padang. Objek penelitian ini adalah Malala Tour and Travel.
Teori  dalam  penelitian  ini  adalah  tentang  kepuasan  konsumen,  harga,  kualitas pelayanan  dan  promosi.  Menurut  Tjiptono  dan  Chandra (2011),  kepuasan konsumen  sebagai  evaluasi  pasca  konsumtif  merupakan suatu  alternatif  yang dipilih  setidaknya  memenuhi  atau  melebihi  harapan  konsumen.  Berikutnya menurut  Kotler  dan  Armstrong  (2012),  harga   adalah   sejumlah   uang   yang
ditukarkan untuk produk atau jasa, lebih jauhlagi harga adalah jumlah dari seluruh  nilai  yang  konsumen  tukarkan  untuk  jumlah  manfaat  dengan  memiliki atau menggunakan suatu barang dan jasa. Selanjutnyakualitas pelayanan menurut Kotler dan Armstrong (2008), adalah keseluruhan ciri serta sifat dari suatu produk atau  pelayanan  yang  berpengaruh  pada  kemampuannya  untuk  memuaskan kebutuhan yang dinyatakan. Begitu juga dengan promosi menurut Kotler (2009), adalah  semua  kegiatan  yang  dilakukan  perusahaan  untuk  mengkomunikasikan produk pada pasar sasaran.
Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  konsumen  yang  menggunakan  jasa  Malala Tour  and  Travel di  Kota  Padang  dengan  jumlah  sampel  sebanyak  80  orang konsumen. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah  purposive sampling.
Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil  dari  penelitian  ini  ditemukan  bahwa  harga  tidak  berpengaruh  terhadap kepuasan konsumen Malala  Tour and Traveldi Kota Padang. Sedangkan kualitas pelayanan  berpengaruh  positif  terhadap  kepuasan  konsumen  Malala  Tour  and Traveldi Kota Padang. Begitu juga dengan promosi berpengaruh positif terhadap
kepuasan konsumen Malala Tour and Traveldi Kota Padang.
Disarankan  dalam  penelitian  ini,  kepada  pihak  Malala  Tour  and  Travel  untuk dapat mempertahankan kesesuaian harga yang ditawarkan, meningkatkan kualitas pelayanan  yang  diberikan  kepada  konsumen,  serta  meningkatkan  promosi  agar dapat  memudahkan  konsumen  dalam  mencari  informasi  yang  akurat  mengenai
Malala Tour and Travel.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi danKepuasan Konsumen.

Published

2019-08-15