PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MALALA TOUR AND TRAVEL DI KOTA PADANG
Abstract
Perkembangan pariwisata sudah sedemikian pesat dan terjadi suatu fenomena yang sangat global dengan melibatkan jutaan manusia, baik kalangan masyarakat industri pariwisata maupun kalangan pemerintah dengan biaya yang tidak sedikit.Kebijakan pemerintah yang diatur dan diberlakukan pada UU No. 2 Tahun 2004 yang memberikan kewenangan lebih luas pada Pemerintah Daerah untuk mengelola wilayahnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap pengaruh harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen Malala Tour and Traveldi Kota Padang. Objek penelitian ini adalah Malala Tour and Travel.
Teori dalam penelitian ini adalah tentang kepuasan konsumen, harga, kualitas pelayanan dan promosi. Menurut Tjiptono dan Chandra (2011), kepuasan konsumen sebagai evaluasi pasca konsumtif merupakan suatu alternatif yang dipilih setidaknya memenuhi atau melebihi harapan konsumen. Berikutnya menurut Kotler dan Armstrong (2012), harga  adalah  sejumlah  uang  yang
ditukarkan untuk produk atau jasa, lebih jauhlagi harga adalah jumlah dari seluruh nilai yang konsumen tukarkan untuk jumlah manfaat dengan memiliki atau menggunakan suatu barang dan jasa. Selanjutnyakualitas pelayanan menurut Kotler dan Armstrong (2008), adalah keseluruhan ciri serta sifat dari suatu produk atau pelayanan yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan. Begitu juga dengan promosi menurut Kotler (2009), adalah semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan produk pada pasar sasaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa Malala Tour and Travel di Kota Padang dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang konsumen. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.
Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Malala Tour and Traveldi Kota Padang. Sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen Malala Tour and Traveldi Kota Padang. Begitu juga dengan promosi berpengaruh positif terhadap
kepuasan konsumen Malala Tour and Traveldi Kota Padang.
Disarankan dalam penelitian ini, kepada pihak Malala Tour and Travel untuk dapat mempertahankan kesesuaian harga yang ditawarkan, meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen, serta meningkatkan promosi agar dapat memudahkan konsumen dalam mencari informasi yang akurat mengenai
Malala Tour and Travel.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi danKepuasan Konsumen.
Downloads
Published
2019-08-15