ANALISIS PENGARUH FASILITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KURSUS MENGEMUDI RATU PADANG

Authors

  • Edo Dwi Pranata
  • Linda Wati
  • Dahliana Kamener

Abstract

Kursus  mengemudi  di  Kota  Padang  tumbuh  dengan  subur,  karena  diyakini memberikan keuntungan yang optimal bagi pengelolanya. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat kursus mengemudi yang ada di Kota Padang mampu menciptakan  lapangan  pekerjaan  baru  bagi  pencari  kerja,  dan  berkontribusi  untuk mengurangi  pengangguran  hingga  1.2%.  Dari  beberapa  nama  kursus  mengemudi yang dikenal di Kota Padang. Kursus mengemudi Ratu adalah salah satu yang telah memiliki  reputasi  yang  tinggi.  Pada  saat  ini  kursus  mengemudi  Ratu  memiliki  tiga cabang yaitu di Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Veteran Padang. Oleh sebab itu  tujuan  dilakukannya  penelitian ini  adalah  untuk  membuktikan  dan menganalisis pengaruh  fasilitas  dan  kepercayaan  terhadap  kepuasan  peserta  kursus  mengemudi Ratu Padang.
Pada penelitian ini dasar teori yang digunakan adalah kepuasan pelanggan. Indikator pengukuran  kepuasan,  dan  beberapa  faktor  yang  mempengaruhi  kepuasan  yang meliputi fasilitas dan kepercayaan. Pada penelitian ini juga dijelaskan keterkaitan atau
hubungan yang terjadi antara variabel independen dengan variabel dependen. Selain itu  penelitian  ini  juga  dilengkapi  dengan  model  kerangka  konseptual  dan  hipotesis yang akan dibuktikan.
Pada  penelitian  ini  digunakan  sebanyak  96  sampel  yang  dipilih  secara  acak  dan merupakan  peserta  kursus  mengemudi  Ratu  Padang.  Proses  pengambilan  sampel dilakukan  dengan  menggunakan  metode  purposive  sampling.  Metode  analisis  yang
digunakan  untuk  membuktikan  kebenaran  hipotesis  adalah  model  regresi  berganda dan pengujian t-statistik. Proses pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 21.0
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa fasilitas dan  kepercayaan  berpengaruh  positif  terhadap  kepuasan  konsumen  dalam menggunakan  kursus  mengemudi  Ratu  Padang.  Sesuai  dengan  hasil  pengujian hipotesis  yang  dihasilkan  maka  dapat  disarankan  kepada  pengelola  kursus mengemudi  Ratu  untuk  diharapkan  terus  meningkatkan  kenyamanan  pelanggan
peserta kursus melalui kelengkapan fasilitas seperti sarana  armada operasional yang terawatt, mulai dari mobil keluaran lama hingga terbaru, Kata Kunci:  Fasilitas, Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen

Published

2019-08-15