Pengaruh Fasilitas, Lokasi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Mengunjungi Kafe Karambia di Kota Padang
Abstract
Dalam beberapa bulan terakhir penjualan dan jumlah pengunjung Karambia Kafe menunjukan tidak terjadinya konsistensi khususnya dari hari Senen sampai Minggu, dimana penunjung lebih membanjiri Karambia Kafe ketika weekend atau hari Sabtu dan Minggu, sedangkan pada hari kerja kafe sangat sepi dari pengunjung. Tidak adanya konsistensi jumlah pengunjung Karambia Kafe disebabkan karena melemahnya keputusan pembelian konsumen pada aneka produk dan makanan yang dijual pada Karambia Kafe. Fenomena terus berkurangnya jumlah pengunjung kafe dikota Padang rata rata terjadi setelah tiga bulan berdiri, fenomena tersebut telah terjadi pada Malioboro Kafe, Merpati Kafe dan Master Piece Kafe.  Menurut Sumarwan et al (2010:35) mendefinisikan keputusan pembelian merupakan keinginan dari konsumen untuk menwujudkan hasrat atau keinginannya. Fasilitas adalah sumberdaya fisik yang ada sebelum suatu jasa dapat ditawarkan kepada konsumen(Tjiptono,2010:56). Lupiyoadi (2001:112) menyatakan lokasi berarti berhubungan
dimana perusahaan harus bermarkas dan melakukan operasi.
Pada penelitian ini digunakan sebanyak 96 orang konsumen yang mengunjung Kafe Karambia yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Pada penelitian ini digunakan dua kategori variabel yaitu keputusan mengunjungi kafe sebagai variabel dependen, sedangkan fasilitas, lokasi dan kualitas pelayanan adalah
variabel independen. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan pengujian t-statitik.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa fasilitas dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen mengunjungi Kafe Karambia, sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan mengunjungi Kafe Karambia. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa kelengkapan fasilitas dan ketepatan pemilihan lokasi merupakan variabel yang dapat menarik perhatian konsumen untuk mengunjungi Kafe Karambia Padang.
Hasil dari pengujian hipotesis disarankan bagi pihak pengelola Kafe Karambia untuk lebih meningkatkan fasilitasnya untuk mempertahankan eksistensi kafenya dalam jangka Panjang.
Kata Kunci: Fasilitas, Lokasi, Pelayanan & Keputusan Konsumen
Mengunjungi
Downloads
Published
2019-08-15