Pengaruh Fasilitas, Lokasi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Mengunjungi Kafe Karambia di Kota Padang

Authors

  • Noval Subri Juhasril
  • Irda Irda
  • Elfitra Azliyanti

Abstract

Dalam  beberapa  bulan  terakhir  penjualan  dan  jumlah  pengunjung  Karambia  Kafe menunjukan tidak terjadinya konsistensi khususnya dari hari Senen sampai Minggu, dimana penunjung lebih membanjiri Karambia Kafe ketika weekend atau hari Sabtu dan  Minggu,  sedangkan  pada  hari  kerja  kafe  sangat  sepi  dari  pengunjung.  Tidak adanya  konsistensi  jumlah  pengunjung  Karambia  Kafe  disebabkan  karena melemahnya keputusan pembelian konsumen pada aneka produk dan makanan yang dijual  pada  Karambia  Kafe.  Fenomena  terus  berkurangnya  jumlah  pengunjung  kafe dikota  Padang  rata  rata  terjadi  setelah  tiga  bulan  berdiri,  fenomena  tersebut  telah terjadi  pada  Malioboro  Kafe,  Merpati  Kafe  dan  Master  Piece  Kafe.   Menurut Sumarwan et al (2010:35) mendefinisikan keputusan pembelian merupakan keinginan dari  konsumen  untuk  menwujudkan  hasrat  atau  keinginannya.  Fasilitas  adalah sumberdaya  fisik  yang  ada  sebelum  suatu  jasa  dapat  ditawarkan  kepada  konsumen
(Tjiptono,2010:56).  Lupiyoadi  (2001:112)  menyatakan  lokasi  berarti  berhubungan
dimana perusahaan harus bermarkas dan melakukan operasi.
Pada penelitian ini digunakan sebanyak 96 orang konsumen yang mengunjung Kafe Karambia  yang  dipilih  dengan  menggunakan  metode  purposive  sampling.  Pada penelitian  ini  digunakan  dua  kategori  variabel  yaitu  keputusan  mengunjungi  kafe sebagai variabel dependen, sedangkan fasilitas, lokasi dan kualitas pelayanan adalah
variabel independen. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan pengujian t-statitik.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa fasilitas dan  lokasi  berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen  mengunjungi  Kafe Karambia,  sedangkan  kualitas  pelayanan  tidak  berpengaruh  signifikan  terhadap keputusan pelanggan mengunjungi Kafe Karambia. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa kelengkapan fasilitas dan ketepatan pemilihan lokasi merupakan variabel yang dapat menarik perhatian konsumen untuk mengunjungi Kafe Karambia Padang.
Hasil dari pengujian hipotesis disarankan bagi pihak pengelola Kafe Karambia untuk lebih  meningkatkan  fasilitasnya  untuk  mempertahankan  eksistensi  kafenya  dalam jangka Panjang.
Kata Kunci:  Fasilitas,  Lokasi,  Pelayanan  &  Keputusan  Konsumen
Mengunjungi

Published

2019-08-15