PENGARUH DESAIN PRODUK, HARGA DAN FAKTOR BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK TANAH LIEK DI KOTA PADANG

Authors

  • Ardi Wusko
  • Irda Irda
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Batik buatan Indonesia sudah terkenal ke seluruh pelosok dunia. Batik Indonesia tidak  hanya  sekedar  batik,  melainkan  mengandung  makna  simbolik  yang melambangkan ciri khas dari setiap daerah di Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan terdiri dari banyak suku. Tujuan  dari  penelitian ini  untuk menganalisis  pengaruh  desain  produk,  harga  dan  faktor  budaya  terhadap keputusan pembelian batik tanah liek di kota padang.  Objek  penelitian  ini adalah
seluruh konsumen yang melakukan pembelian Batik Tanah Liek di Kota Padang.
Teori dalam penelitian  ini adalah tentangkeputusan pembelian, Menurut
Schiffman dan Kanuk (2008) keputusan didefinisikan sebagai seleksi terhadap dua pilihan alternatif atau lebih. Menurut Kotler dan Keller (2009), desain yang baik bagi  perusahaan  merujuk  pada  kemudahan  dalam  pembuatan  dan  distribusi.
Menurut  Lupiyoadi  (2013)  menyatakan  bahwa  harga  merupakan  sesuatu  yang diserahkan  dalam  pertukaran  untuk  mendapatkan  suatu barang  maupun  jasa.Menurut Kottler dan Keller (2009), kebudayaan merupakan faktor penentu yang paling dasar dari keinginan dan perilaku seseorang.Jumlah  sampel  yang  digunakan  sebanyak  80  konsumen  yang  melakukan  pembelian  Batik  Tanah  Liek  di  Kota  Padang.  Teknik   penarikan  sampel  yang digunakan   adalah  purposive  sampling.  Metode  analisa  data  yang  digunakan
adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil  dari  penelitian  ini  ditemukan  bahwa  desain  produk,  harga  dan  faktor budaya  secara  parsial  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  keputusan pembelian Batik Tanah Liek di Kota Padang.
Disarankan dalam penelitian ini pengrajin Batik Tanah Liek di Kota Padang untuk lebih memperhatikan desain produk, harga dan budayadisekitar mereka.
Kata  Kunci:  Desain  Produk,  Harga,  Faktor  Budaya  Dan Keputusan
Pembelian

Published

2019-08-15