PENGARUH DESAIN PRODUK, HARGA DAN FAKTOR BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK TANAH LIEK DI KOTA PADANG
Abstract
Batik buatan Indonesia sudah terkenal ke seluruh pelosok dunia. Batik Indonesia tidak hanya sekedar batik, melainkan mengandung makna simbolik yang melambangkan ciri khas dari setiap daerah di Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan terdiri dari banyak suku. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh desain produk, harga dan faktor budaya terhadap keputusan pembelian batik tanah liek di kota padang. Objek penelitian ini adalahseluruh konsumen yang melakukan pembelian Batik Tanah Liek di Kota Padang.
Teori dalam penelitian ini adalah tentangkeputusan pembelian, Menurut
Schiffman dan Kanuk (2008) keputusan didefinisikan sebagai seleksi terhadap dua pilihan alternatif atau lebih. Menurut Kotler dan Keller (2009), desain yang baik bagi perusahaan merujuk pada kemudahan dalam pembuatan dan distribusi.
Menurut Lupiyoadi (2013) menyatakan bahwa harga merupakan sesuatu yang diserahkan dalam pertukaran untuk mendapatkan suatu barang maupun jasa.Menurut Kottler dan Keller (2009), kebudayaan merupakan faktor penentu yang paling dasar dari keinginan dan perilaku seseorang.Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 konsumen yang melakukan pembelian Batik Tanah Liek di Kota Padang. Teknik  penarikan sampel yang digunakan  adalah purposive sampling. Metode analisa data yang digunakan
adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa desain produk, harga dan faktor budaya secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Batik Tanah Liek di Kota Padang.
Disarankan dalam penelitian ini pengrajin Batik Tanah Liek di Kota Padang untuk lebih memperhatikan desain produk, harga dan budayadisekitar mereka.
Kata Kunci: Desain Produk, Harga, Faktor Budaya Dan Keputusan
Pembelian
Downloads
Published
2019-08-15