KUALITAS PELAYANAN,LOKASI DAN PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA LBPP LIA DI KOTA PADANG

Authors

  • Patriot Patriot
  • Ice Kamela
  • Wiry Utami

Abstract

Semakin banyaknya perusahaan asing yang berada di Indonesia, maka perusahaan ingin  mencari  karyawan  yang  mampu  mengikuti  ritme  dan  komunikasi  dengan klien  yang  berkebangsaan  non  Indonesia.  Tak  salah  bila  seleksi  ketat  saat interview  diterapkan  oleh  beberapa  perusahaan  ternama.  Mereka  pastinya  tidak ingin  menerima  calon  karyawan  yang  tidak  berkompeten  dan  fasih  dalam penguasaan bahasa asing. Dengan sangat dibutuhkannya bahasa inggris membuat tempat  les  bahasa  inggris  mudah  ditemukan.  Pada  saat  ini  dikota  padang  sudah menjamur  lembaga  les  bahasa  inggris.  Tujuan  untuk  mengetahui  “Pengaruh Kualitas  Pelayanan,  Lokasi  dan  Harga  Terhadap  Kepuasan  Siswa  Pada  LBPP LIA“
Menurut  Tjiptono  (2012),  Kualitas  pelayanan  dapat  diartikan  sebagai  upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya dalam  mengimbangi  harapan  konsumen.  Menurut  Kotler  dan  Amstrong  (2008), menyatakan  bahwa  lokasi   Place (tempat)  atau  lokasi,  yaitu  berbagai  kegiatan perusahaan  untuk  membuat  produk  yang  dihasilkan  atau  dijual  terjangkau  dan
tersedia bagi pasar sasaran. Menurut Kotler dan Amstrong (2010), Demikian pula pada  tingkat  harga  tertentu,  nilai  suatu  barang  dan jasa  akan  meningkat  seiring dengan meningkatnya manfaat yang dirasakan. MenurutKotler dan Keller (2009) mengartikan  Kepuasan  (satisfaction)  merupakan  perasaan  senang  atau  kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja  yang dipersepsikan produk
(hasil) terhadap ekspektasi mereka.
Jumlah  sampel  yang  digunakan  sebanyak  136  orang  siswa.  Teknik  penarikan sampel  yang  digunakan  adalah  purposive  sampling.  Metode  analisa  data  adalah regresi linear berganda Hasil  dari  penelitian  ini  ditemukan  bahwa  kualitas  pelayanan  berpengaruh
terhadap  kepuasan  siswa,  lokasi  berpengaruh  positif terhadap  kepuasan  siswa, harga tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan siswa Disarankan  dalam  penelitian  ini  LBPP  LIA  di  Kota  Padang  untuk  lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan memperhatikan lokasi disekitar mereka.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Lokasi , Harga danKepuasan Konsumen

Published

2019-08-15