PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEBERAGAMAN PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PERALATAN OUTDOOR EIGER DI KOTA BUKITTINGGI

Authors

  • Muhammad Fajri
  • Zeshasina Rosha
  • Wiry Utami

Abstract

Pada  zaman  sekarang  banyaknya  orang  yang  suka  melakukan  kegiatan  di  alam terbuka  (outdoor)  sehingga  membuat  bisnis  penyedia  peralatan  di  alam  terbuka berkembang  sangat  pesat.  Berkembangnya  media  sosial pada  saat  sekarang membuat minat untuk melakukan kegiatan di alam terbuka semakin tinggi. Oleh
karena itu alat-alat outdoor hadir untuk menunjang kegiatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini  untuk  mengungkapkan  pengaruh  kualitas produk, keberagaman produk  dan  citra  merek  terhadap  minat  beli  peralatan  outdoor Eiger  di  Kota Bukittinggi.  Objek  penelitian  ini  adalah  seluruh  konsumen  yang  berminat membeli peralatan outdoorEiger di Kota Bukittinggi.
Teori    dalam    penelitian    ini    adalah    tentang minat  beli,  kualitas  produk keberagaman produk dan citra merek. Menurut  Sumarwan  (2010)  minat  beli konsumen  merupakan  keinginan  yang  muncul  di  dalam  diri  individu untuk  membeli  sebuah  produk.  Sementara,  kualitas  produk  menurut  Swasta (2002)  adalah  kemampuan  produk  untuk  menjalankan  tugasnya  yang  mencakup daya tahan, kehandalan atau kemajuan, kekuatan, kemudahan dalam pengemasan
dan  reparasi  produk  dan  ciri-ciri  lainnya.  Menurut  Kotler  dan  Amstrong  (2008) produk  merupakan  sesuatu  yang  dapat  ditawarkan  ke  dalam  pasar  untuk diperhatikan,  dimiliki,  dipakai  atau  dikonsumsi  sehingga  dapat  memuaskan keinginan atau kebutuhan. Begitu juga denga citra merek adalah persepsi tentang
merek yang digambarkan oleh asosiasi merek yang adadalam ingatan konsumen (Rangkuti, 2008).
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang  berminat peralatan  outdoorEiger  di  Kota  Bukittinggi.  Jumlah   sampel  yang  digunakan  sebanyak  80 konsumen  yang  berminat.  Teknik   penarikan  sampel  yang  digunakan   adalah purposive sampling. Metode  analisa data yang digunakan  adalah  analisis regresi linear berganda.
Hasil  dari  penelitian  ini  ditemukan bahwa kualitas  produk berpengaruh positif tetapi  tidak  signifikan  terhadap  minat  beli  peralatan  outdoor  Eiger  di  Kota Bukittinggi.  Sedangkan  keberagaman  produk  berpengaruh  positif  dan  signifikan
terhadap  minat  beli  peralatan  outdoor  Eiger  di  Kota Bukittinggi.  Begitu  juga dengan  citra  merek  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  minat  beli peralatan outdoor Eiger di Kota Bukittinggi.
Disarankan  dalam  penelitian  ini  kepada  PT.  Eigerindo  agar  mempertimbangkan keberagaman produk dan meningkatkan kualitas produkserta citra mereknya.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Keberagaman Produk, Citra Merek dan
Minat Beli

Published

2019-08-15