PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEBERAGAMAN PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PERALATAN OUTDOOR EIGER DI KOTA BUKITTINGGI
Abstract
Pada zaman sekarang banyaknya orang yang suka melakukan kegiatan di alam terbuka (outdoor) sehingga membuat bisnis penyedia peralatan di alam terbuka berkembang sangat pesat. Berkembangnya media sosial pada saat sekarang membuat minat untuk melakukan kegiatan di alam terbuka semakin tinggi. Olehkarena itu alat-alat outdoor hadir untuk menunjang kegiatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan pengaruh kualitas produk, keberagaman produk dan citra merek terhadap minat beli peralatan outdoor Eiger di Kota Bukittinggi. Objek penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berminat membeli peralatan outdoorEiger di Kota Bukittinggi.
Teori   dalam   penelitian   ini   adalah   tentang minat beli, kualitas produk keberagaman produk dan citra merek. Menurut Sumarwan (2010) minat beli konsumen merupakan keinginan yang muncul di dalam diri individu untuk membeli sebuah produk. Sementara, kualitas produk menurut Swasta (2002) adalah kemampuan produk untuk menjalankan tugasnya yang mencakup daya tahan, kehandalan atau kemajuan, kekuatan, kemudahan dalam pengemasan
dan reparasi produk dan ciri-ciri lainnya. Menurut Kotler dan Amstrong (2008) produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan ke dalam pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dipakai atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Begitu juga denga citra merek adalah persepsi tentang
merek yang digambarkan oleh asosiasi merek yang adadalam ingatan konsumen (Rangkuti, 2008).
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berminat peralatan outdoorEiger di Kota Bukittinggi. Jumlah  sampel yang digunakan sebanyak 80 konsumen yang berminat. Teknik  penarikan sampel yang digunakan  adalah purposive sampling. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat beli peralatan outdoor Eiger di Kota Bukittinggi. Sedangkan keberagaman produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli peralatan outdoor Eiger di Kota Bukittinggi. Begitu juga dengan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli peralatan outdoor Eiger di Kota Bukittinggi.
Disarankan dalam penelitian ini kepada PT. Eigerindo agar mempertimbangkan keberagaman produk dan meningkatkan kualitas produkserta citra mereknya.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Keberagaman Produk, Citra Merek dan
Minat Beli
Downloads
Published
2019-08-15