PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN UNTUK BERWISATA DI KAWASAN BUKIT CINANGKIAK SOLOK
Abstract
Sektor pariwisata merupakan salah satu industri strategis dan telah menjadi satu sektor industri terbesar di dunia, perkembangan pariwisata di Indonesia saat ini sangat berkembang pesat. Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat banyak dapat dikembangkan untuk menarik wisata nusantara maupun wisatawan mancanegara.Sumatera Barat dikaruniai panorama keindahan alam yang tinggi sehingga menjadikan daerah tersebut memiliki potensi yang sangat baik untuk mengembangkan industri dibidang pariwisata. Pengembangan industri pariwis ata merupakan solusi yang baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Sumatera Barat.
Di kabupaten solok banyak tempat objek wisata yang bisa di kunjungi oleh para wisatawan. Salah satu objek wisata   yaitu Pantai bukit cinangkiak yang terletak di kawasan jorong Tampuniak Singkarak X koto Solok Sumatera Barat. Pada tahun 2018 dari bulan januari hingga juni pemerintah jumlah pengunjung yang mengunjungi Bukit Cinangkiak Solok hanya sebanyak 57,487 orang (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok, 2018).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh destination image dan promosi terhadap keputusan wisatawan untuk berwisata di kawasan Bukit Cinangkiak Solok. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang pengunjung yang
mengunjungi objek wisata Bukit Cinangkiak Solok. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisa deskriptif, validitas dan realibilitas.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung, sedangkan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan wisatawan berkunjung
pada objek wisata Bukit Cinangkiak Solok.
Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka pemerintah lebih memperhatikan dan meningktakan lagi pada bagian destination image seperti aksebilitas fasilitas pendukung dan daya tarik wisata Bukit Cinangkiak Solok.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa destination image berpengaruh postif dan signifikan terhadap Keputusan berkunjung wisata Bukit Cinangkiak Solok dan promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan berkunjung wisata Bukit Cinangkiak Solok.
Kata Kunci :Destination Image, Promosi dan Keputusan Berkunjung
Downloads
Published
2019-08-15