PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN UNTUK BERWISATA DI KAWASAN BUKIT CINANGKIAK SOLOK

Authors

  • Nadia Nora Shita
  • Irda Irda
  • Linda Wati

Abstract

Sektor  pariwisata  merupakan  salah  satu  industri  strategis  dan  telah  menjadi  satu sektor  industri  terbesar  di  dunia,  perkembangan  pariwisata  di  Indonesia  saat  ini  sangat berkembang pesat. Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat banyak dapat dikembangkan untuk menarik wisata nusantara maupun wisatawan mancanegara.
Sumatera  Barat  dikaruniai  panorama  keindahan  alam  yang  tinggi  sehingga menjadikan  daerah  tersebut  memiliki  potensi  yang  sangat  baik  untuk  mengembangkan industri dibidang pariwisata. Pengembangan industri pariwis ata merupakan solusi yang baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Sumatera Barat.
Di  kabupaten  solok  banyak  tempat  objek  wisata  yang  bisa  di  kunjungi  oleh  para wisatawan. Salah satu objek wisata    yaitu Pantai  bukit cinangkiak  yang terletak di  kawasan jorong  Tampuniak  Singkarak  X  koto  Solok  Sumatera  Barat.  Pada  tahun  2018  dari  bulan januari  hingga  juni  pemerintah  jumlah  pengunjung  yang  mengunjungi  Bukit  Cinangkiak Solok  hanya  sebanyak  57,487  orang  (Dinas  Pariwisata  dan  Kebudayaan  Kabupaten  Solok, 2018).
Penelitian  ini  bertujuan untuk  menganalisa pengaruh  destination image  dan promosi terhadap keputusan wisatawan  untuk berwisata di kawasan Bukit Cinangkiak Solok. Ukuran sampel  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  sebanyak  100  orang  pengunjung  yang
mengunjungi objek wisata  Bukit Cinangkiak Solok. Metode analisis  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisa deskriptif, validitas dan realibilitas.
Berdasarkan  hasil  pengujian  hipotesis  yang  telah  dilakukan  ditemukan  bahwa destination  image  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  keputusan  wisatawan berkunjung, sedangkan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan wisatawan berkunjung
pada objek wisata Bukit Cinangkiak Solok.
Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka pemerintah  lebih memperhatikan  dan  meningktakan  lagi  pada  bagian  destination  image  seperti  aksebilitas fasilitas pendukung dan daya tarik wisata Bukit Cinangkiak Solok.
Kesimpulan  pada  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  destination  image  berpengaruh postif  dan  signifikan  terhadap  Keputusan  berkunjung  wisata  Bukit  Cinangkiak  Solok  dan promosi  tidak  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  Keputusan  berkunjung  wisata Bukit Cinangkiak Solok.
Kata Kunci :Destination Image, Promosi dan Keputusan Berkunjung

Published

2019-08-15