Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Merangin Garden
Abstract
Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Pada tahun 2009, pariwisata menempati urutan ketiga dalam hal penerimaan devisa setelah komoditi minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit. Indonesia merupakan Negara yangmemiliki potensi alam yang baik dan besar. Potensi alam berupa kondisi yang terdiri dari ribuan pulau, yang membuat Indonesia menjadi Negara kepulauan terbesar di dunia. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi alam yang masih terjaga dengan baik dan banyak peninggalan sejarah adalah Provinsi Jambi. Daerah di Provinsi Jambi yang memiliki potensi besar di bidang pariwisata terdapat di Kabupaten Merangin. Ibukota kabupaten Merangin
Provinsi Jambi memiliki banyak tempat wisata rekreasi untuk berkumpul bersama keluarga,
salah satunya taman wisata Merangin Garden.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan dan fasilitas wisata terhadap kepuasan pengunjung Merangin Garden yang di pilih
berdasarkan kreteria tertentu.
Alat analisis yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah Regresi
Linear Berganda yang diolah dengan menggunakan SPSS. Hasil pengujian hipotesis ditemukan
bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pengunjung Merangin Garden.
Kata Kunci:Â Â Kepuasan Pengunjung, Kulitas Pelayanan, Fasilitas Wisata
Downloads
Published
2019-08-15