Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Merangin Garden

Authors

  • Heni Dwi Lestari
  • Linda Wati
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Pariwisata  di  Indonesia merupakan  sektor ekonomi penting  di Indonesia.  Pada  tahun 2009,  pariwisata  menempati  urutan  ketiga  dalam  hal  penerimaan devisa setelah komoditi minyak dan gas  bumi serta minyak  kelapa  sawit.  Indonesia  merupakan  Negara  yang
memiliki potensi alam yang baik dan besar. Potensi alam berupa kondisi yang terdiri dari ribuan pulau, yang membuat Indonesia menjadi Negara kepulauan terbesar di dunia.  Salah satu daerah di  Indonesia  yang  memiliki  potensi  alam  yang  masih  terjaga  dengan  baik  dan  banyak peninggalan  sejarah  adalah  Provinsi  Jambi.  Daerah  di  Provinsi  Jambi  yang  memiliki  potensi besar  di  bidang  pariwisata  terdapat  di  Kabupaten  Merangin.  Ibukota  kabupaten  Merangin
Provinsi  Jambi  memiliki  banyak  tempat  wisata  rekreasi  untuk  berkumpul  bersama  keluarga,
salah satunya taman wisata Merangin Garden.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  membuktikan  dan  menganalisis  pengaruh  kualitas
pelayanan  dan  fasilitas  wisata  terhadap  kepuasan  pengunjung  Merangin  Garden  yang  di  pilih
berdasarkan kreteria tertentu.
Alat  analisis  yang  digunakan  untuk  membuktikan  kebenaran  hipotesis  adalah  Regresi
Linear Berganda  yang diolah dengan menggunakan  SPSS. Hasil pengujian hipotesis ditemukan
bahwa  kualitas  pelayanan  dan  fasilitas  wisata  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap
kepuasan pengunjung Merangin Garden.
Kata Kunci:   Kepuasan Pengunjung, Kulitas Pelayanan, Fasilitas Wisata

Published

2019-08-15