ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN RUMAH POHON ABDUL CAFE NGARAI SIANOK DI KOTA BUKITTINGGI DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Authors

  • Putri Alysa
  • Linda Wati
  • Mery Trianita

Abstract

Industri  kreatif  merupakan  salah  satu  faktor  yang  menjadi  penggerak  perekonomian nasional. Industri kreatif Indonesia semakin berkembang dan diminati pasar global.  Industri kreatif  khususnya  cafe  memiliki  potensi  yang  cerah  bagi  pelaku  usaha  di  Bukittinggi.
Perkembangan industri cafe  yang sangat pesat menjadi potensi bisnis besar yang memberikan peluang  usaha  kreatif.  Industri  kuliner  di  Bukittinggi  kian  meningkat  signifikan  seiring bermunculan berbagai kuliner dan cafe yang memberikan keunikan tersendiri.
Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang muncul setelah membandingkan  antara  presepsi  terhadap  kinerja  (hasil)  suatu  produk  atau  jasa  dengan harapan-harapannya.  Hal  ini  juga  harus  dilakukan  Rumah  Pohon  Abdul  Cafe  agar  dapat
mempertahankan  dan  menambah  jumlah  pelanggannya  dengan  memberikan,  meningkatkan kualitas pelayanannya. Penyampaian kualitas yang prima akan menciptakan nilai tinggi yang
dapat menciptakan kualitas pelanggan.
Penelitian  ini  menganalisis  kepuasan  dengan  metode  menggunakan  Importance Performance Analysis  sebagai alat untuk memetakan kualitas pelayanan. Pada penelitian  ini jumlah  samprl  100  orang  responden  di  kota  bukittinggi.  Dengan  teknik  Proposive
sampling,data  penelitian  ini  adalah  data  primer  melaui  penyebaran  kuisioner  dan  data sekunder  melalui  data  pengujung  Rumah  Pohon  Abdul  Cafe  Ngarai  Sianok  di  Kota Bukittinggi dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for Social Science) 16.0.
Hasil  dari  penelitian  ini  menggunakan  Importance  Performance  Analysis  (IPA),  makadapat  diambil  kesimpulan  bahwa  Berdasarkan  dari  hasil  penelitian  ini  jumlah rata-rata dariperbandingan  kinerja  yang di tunjukan  oleh  pihak  Rumah  Pohon Abdul Cafe adalah  sebesar
37,16 dan  harapan  adalah  sebesar 41,93. Berarti  kinerja yang diberikan  oleh cafe tidak  puasdalam  memberikan  kepuasan  yang  optimal  kepada  pengunjung  Rumah  Pohon  Abdul  Cafe.
Seperti  Kuadran  A  Sebaiknya  pihak  Rumah  Pohon  Abdul  Cafe  memperhatikan  dan meningkatkan  atribut  yang  tinggi  tetapi  kenyataan  atribut  tersebut  belum  sesuai  dengan harapan  pelanggan,  Kuadran  B  Mempertahankan  kinerja  atribut  pada  kuadran  B  yang dianggap  sudah  memenuhi  harapan  konsumen  serta  memiliki  tingkat  kepentingan  tinggi, Kuadran  C  Melakukan  peninjauan  ulang  dikemudian  hari  terhadap  atribut  kuadran  C  yang
dianggap tidak penting dan kinerjannya tidak istimewa bagi pengunjung cafe, Pada kuadran D  yang  dianggap  sudah  cukup  tidak  perlu  dirasakan  berlebihan  oleh  konsumen  atau mengurangi kinerja yang dirasakan berlebihan.
Kata Kunci : Kepuasan

Published

2019-08-15