PENGARUH NILAI PRODUK TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUTUSAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS TRANSPORTASI TRANS PADANG)
Abstract
Kepemilikan kendaran pribadi penduduk Kota Padang, hal itu menjadi penyebab bertambahnya kepadatan lalu lintas kendaraan di jalan raya.Hasil dari beberapa studi mendorong Pemerintah Kota Padang untuk melakukan program perencanaan pembangunanyang berorientasi kepada penyediaan angkutan umum yang mememadai. Dengan demikian, dalam jangka panjang diharapkan kelancaran lalu lintas dapat tercapai, khususnya di jalanjalan utama. Dengan memperhatikan hal tersebut diatas, maka perlu dirumuskan langkah langkah solusi strategis yang diharapkan dapat diwujudkan sebagai langkah terobosan untuk optimalisasi penyelenggaraan Trans Padang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membuktikan pengaruh nilai produk terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel mediasi, Studi kasus Transportasi Trans Padang. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 orang penumpangyang menggunakan Transportasi Trans Padang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisa dengan multivariate (kolerasi atau regresi ganda).
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa nilai produk berpengaruh positif terhadap loyalitas, Nilai Produk berpengaruh positif dengan kepuasan, Kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas dan Nilai Produk berpengaruh positif terhadap loyalitas sebagai variabel mediasi penumpang Trans Padang.
Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka Trans Padang seharusnya memperbaiki layanan atas harapan penumpang. Oleh karena itu disarankan bagi
pihak Trans Padang untuk lebih memberikan fasillitas dan layanan agar terciptanya kepuasan kepada penumpang, agar penumpang merasa nyaman pada saat menikmati perjalanan nya.
Kata Kunci :Nilai Produk, Kepuasan, dan Loyalitas
Downloads
Published
2019-08-15