PENGARUH NILAI PRODUK TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUTUSAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS TRANSPORTASI TRANS PADANG)

Authors

  • Rahmata Yunal Fikri
  • Dahliana Kamener
  • Purbo Jadmiko

Abstract

Kepemilikan  kendaran  pribadi  penduduk  Kota  Padang,  hal  itu  menjadi  penyebab bertambahnya  kepadatan  lalu  lintas  kendaraan  di  jalan  raya.Hasil  dari  beberapa  studi mendorong Pemerintah  Kota Padang untuk melakukan program perencanaan pembangunan
yang berorientasi kepada penyediaan angkutan umum yang mememadai.  Dengan demikian, dalam jangka panjang diharapkan kelancaran lalu lintas dapat tercapai, khususnya di jalanjalan  utama.  Dengan  memperhatikan  hal  tersebut  diatas,  maka  perlu  dirumuskan  langkah langkah  solusi strategis yang diharapkan dapat diwujudkan sebagai langkah terobosan untuk optimalisasi penyelenggaraan Trans Padang.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membuktikan pengaruh nilai produk terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel mediasi, Studi kasus Transportasi Trans Padang. Ukuran sampel yang digunakan  dalam penelitian ini sebanyak 60 orang penumpangyang  menggunakan  Transportasi  Trans  Padang.  Metode  analisis  yang  digunakan  dalam penelitian ini yaitu analisa dengan multivariate (kolerasi atau regresi ganda).
Berdasarkan  hasil  pengujian  hipotesis  yang  telah  dilakukan  ditemukan  bahwa  nilai produk  berpengaruh  positif  terhadap  loyalitas,  Nilai  Produk  berpengaruh  positif  dengan kepuasan,  Kepuasan  berpengaruh  positif  terhadap  loyalitas  dan  Nilai  Produk  berpengaruh positif terhadap loyalitas sebagai variabel mediasi penumpang Trans Padang.
Sesuai  dengan  hasil  pengujian  hipotesis  yang  telah  dilakukan  maka  Trans  Padang seharusnya memperbaiki  layanan atas harapan penumpang. Oleh karena itu disarankan bagi
pihak Trans Padang untuk lebih memberikan fasillitas dan layanan agar terciptanya kepuasan kepada penumpang, agar penumpang merasa nyaman pada saat menikmati perjalanan nya.
Kata Kunci :Nilai Produk, Kepuasan, dan Loyalitas

Published

2019-08-15