PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATIONS DAN SHOPPING LIFETYLE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PRODUK PAKAIAN (STUDI KASUS PADA TOKO IVO INTERNATIONAL FASHION)
Abstract
Toko IVO International Fashion merupakan salah satu toko fashion
pakaian yang ada di Kota Padang. Toko Fashion ini bergerak dalam penjualan aneka fashion busana bagi kaum wanita. Peneliti melakukan pra survei terhadap 30 konsumen pada bulan Desember 2018 dan ditemukan terdapat fenomena impulse buying yang dilakukan oleh konsumen ketika berbelanja di Toko Ivo
International Fashion.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping motivations dan shopping lifetyle terhadap impulse buying pada produk pakaian (studi kasus pada toko ivo international fashion). Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan konsumen yang berbelanja produk pakaian pada Toko Ivo
International Fashion tahun 2019 yang melakukan impulse buying yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial atau individu.
Dari hasil penelitian ditemukan hedonic shopping motivations
berpengaruh positif terhadap impulse buying pada produk pakaian Toko IVO International Fashion dan shopping lifestyle berpengaruh positif terhadap impulse buying pada produk pakaian Toko IVO International Fashion.
Kata Kunci : Hedonic Shopping Motivations, Shopping Lifetyle, Impulse
Buying