PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATIONS DAN SHOPPING LIFETYLE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PRODUK PAKAIAN (STUDI KASUS PADA TOKO IVO INTERNATIONAL FASHION)

Authors

  • Zarotil Hayati
  • Linda Wati
  • Wiry Utami

Abstract

Toko  IVO  International  Fashion  merupakan  salah  satu  toko  fashion
pakaian  yang  ada  di  Kota  Padang.  Toko  Fashion  ini  bergerak  dalam  penjualan aneka fashion busana bagi kaum wanita.  Peneliti melakukan pra survei  terhadap 30  konsumen  pada  bulan  Desember  2018  dan  ditemukan  terdapat  fenomena impulse  buying  yang  dilakukan  oleh  konsumen  ketika  berbelanja  di  Toko  Ivo
International Fashion.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  hedonic  shopping motivations  dan  shopping  lifetyle  terhadap  impulse  buying  pada  produk  pakaian (studi  kasus  pada  toko  ivo  international  fashion).  Populasi  dalam  penelitian  ini adalah  keseluruhan  konsumen  yang  berbelanja  produk  pakaian  pada  Toko  Ivo
International  Fashion  tahun  2019  yang  melakukan  impulse  buying  yang  tidak diketahui  dengan  pasti  jumlahnya,  dengan  jumlah  sampel  sebanyak  138  orang.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan  uji  T-test  statistik  untuk  membuktikan  pengaruh  variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial atau individu.
Dari  hasil  penelitian  ditemukan  hedonic  shopping  motivations
berpengaruh  positif  terhadap  impulse  buying  pada  produk  pakaian  Toko  IVO International Fashion  dan  shopping lifestyle  berpengaruh positif terhadap  impulse buying pada produk pakaian Toko IVO International Fashion.

Kata Kunci :   Hedonic  Shopping  Motivations,  Shopping  Lifetyle,  Impulse
Buying

Published

2019-08-15