ANALISIS PERBANDINGAN EKUITAS MEREK SEPEDA MOTOR HONDA PCX DAN YAMAHA NMAX (STUDI KASUS DI KOTA PADANG)
Abstract
Tren modifikasi motor di Indonesia di dominasi konsep premium dengan bodi bongsor (besar). Sepeda motor Honda resmi me-launching skutik terbarunya dengan konsep premium. Yamaha Nmax 155cc ikut meramaikan persaingan pasar pada segmen skutikpremium. Kedua produsen ini telah lama bersaing hingga brand perusahaan tersebut sangat melekat dimasyarakat. Dilihat dari persaingan Honda dan Yamaha sangat kuat dalam segmen sepeda motor skutik.Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pangsa pasar yang dikuasai oleh kedua produsen tersebut.
Ekuitas merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah barang atau jasa kepada perusahaan atau para pelanggan perusahaan. Ekuitas merek ditentukan oleh empat dimensi atau elemen utama, yaitu pertama kesadaran merek, kedua, asosiasi merek, ketiga, persepsi kualitas, keempat, loyalitas merek.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan ekuitas merek sepeda motor Honda PCX dan Yamaha Nmax di Kota Padang.Populasi adalah seluruh konsumensepeda motor Honda PCX dan Yamaha Nmax di Kota Padang, dengan jumlah sampel sebanyak 200
orang yang menggunakan dan membelisepeda motor Honda PCX dan Yamaha Nmax di Kota Padang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan uji beda T-testdengan uji independent sample test untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan ekuitas merek sepeda motor Honda PCX dan Yamaha Nmax di Kota Padang dilihat dari empat dimensi ekuitas merek secara keseluruhan. Sedangkan jika dilihat secara parsial, perbedaan terdapat pada dimensi persepsi kualitas.
Kata Kunci: ekuitas merek, kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas,
loyalitas merek
Downloads
Published
2019-08-15