ANALISIS PERBANDINGAN EKUITAS MEREK SEPEDA MOTOR HONDA PCX DAN YAMAHA NMAX (STUDI KASUS DI KOTA PADANG)

Authors

  • Ririn Afriani
  • Linda Wati
  • Wiry Utami

Abstract

Tren  modifikasi  motor  di  Indonesia  di  dominasi  konsep  premium  dengan  bodi bongsor (besar).  Sepeda  motor Honda resmi me-launching  skutik terbarunya dengan konsep premium.  Yamaha  Nmax  155cc  ikut  meramaikan  persaingan  pasar  pada  segmen  skutik
premium.  Kedua  produsen  ini telah lama bersaing hingga  brand  perusahaan tersebut sangat melekat dimasyarakat. Dilihat dari persaingan Honda dan Yamaha sangat kuat dalam segmen sepeda motor skutik.Hal tersebut dapat dibuktikan dengan pangsa pasar  yang dikuasai oleh kedua produsen tersebut.
Ekuitas  merek  adalah  seperangkat  aset  dan  liabilitas  merek  yang  berkaitan  dengan suatu  merek,  nama  dan  simbolnya,  yang  menambah  atau  mengurangi  nilai  yang  diberikan oleh  sebuah  barang  atau  jasa  kepada  perusahaan  atau  para  pelanggan  perusahaan.  Ekuitas merek  ditentukan  oleh  empat  dimensi  atau  elemen  utama,  yaitu  pertama  kesadaran  merek, kedua, asosiasi merek, ketiga, persepsi kualitas, keempat, loyalitas merek.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  perbedaan  ekuitas  merek  sepeda  motor Honda  PCX  dan  Yamaha  Nmax  di  Kota  Padang.Populasi  adalah  seluruh  konsumensepeda motor Honda PCX dan Yamaha Nmax di Kota Padang, dengan jumlah sampel sebanyak 200
orang yang menggunakan dan membelisepeda motor Honda PCX dan Yamaha Nmax di Kota Padang. Teknik penarikan sampel  yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan  uji  beda  T-testdengan  uji  independent  sample  test  untuk  menguji  hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan ekuitas merek  sepeda motor Honda  PCX  dan  Yamaha  Nmax  di  Kota  Padang  dilihat  dari  empat  dimensi  ekuitas  merek secara  keseluruhan.  Sedangkan  jika  dilihat  secara  parsial,  perbedaan  terdapat  pada  dimensi persepsi kualitas.
Kata  Kunci:  ekuitas  merek,  kesadaran  merek,  asosiasi  merek,  persepsi  kualitas,
loyalitas merek

Published

2019-08-15