PENGARUH CITRA MEREK, DESAIN PRODUK DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SMARTPHONE XIAOMI DI KOTA PADANG
Abstract
INTISARI
Beberapa tahun terakhir ini permintaan smartphone atau sering disebut telepon pintar terus mengalami peningkatan, Meningkatnya permintaan Smartphone dan Pengguna smartphone di Indonesia dapat mempengaruhi persaingan merek antar produk. Merek dianggap berkontribusi mempertahankan daya saing keberadaan penawaran yang diberikan karena merek biasanya terkait dengan gambar tertentu yang dapat membuat asosiasi tertentu di benak konsumen (Aaker, 1997).
Salah satu merek smartphone yang ada di kota Padang yaitu Xiaomi. Pada laporan terbaru lembaga riset pasar Canalys menempatkan Xiaomi sebagai vendor smartphone kedua terbesar di pasar Indonesia pada kuartal pertama tahun 2018. Xiaomi berada di bawah Samsung, yang menempati urutan teratas terkait dengan angka pengiriman (shipment) perangkat. Perangkat smartphone Xiaomi memiliki pertumbuhan 14,55 persen dengan pengiriman mencapai 1,7 juta unit. Angka pengiriman itu tumbuh belasan kali lipat bila dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yang hanya 107 ribu unit. Melihat data diatas peneliti tertarik untuk meneliti Smartphone Xiaomi karena mengalami peningkatan yang cepat dalam waktu setahun. Xiaomi inc adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek.
Didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor telepon cerdas terbesar ke-3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon cerdas, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen. Penilitian ini menguji tentang Pengaruh Citra Merek, Desain Produk dan Atribut Produk terhadap Minat Beli Konsumen Pada Smartphone Xiaomi di Kota Padang.
Penilitan ini menggunakan sampel sebanyak 138 responden dengan metode penarikan sampel purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Citra Merek tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli konsumen pada smartphone xiaomi di kota Padang. Desain Produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada smartphone xiaomi di kota Padang. Atribut Produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada smartphone xiaomi di kota Padang.
Kata kunci : Citra Merek, Desain Produk, Atribut Produk, Minat Beli Konsumen,
Â