PENGARUH DAYA TARIK, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA PANTAI AIR MANIS DI KOTA PADANG

Authors

  • Rahayu Septiani
  • Reni Yulivona
  • Lindawati Lindawati

Abstract


INTISARI

Di kota Padang banyak tempat objek wisata yang bisa di kunjungi oleh para
wisatawan. Salah satu objek wisata yang ada di kota Padang yaitu Pantai Air Manis yang terletak di kecamatan Padang Selatan tepatnya di belakang Gunung Padang. Pemerintah daerah Kota Padang telah menargetkan jumlah pengunjung yang mengunjungi Pantai Air Manis setiap tahun. Pada tahun 2017 pemerintah daerahmenargetkan pengunjung sebanyak 100.000 orang dengan mengeluarkan dana sebesar 500.000.000, namun pengunjung yang mengunjungi Pantai Air Manis hanya sebanyak 66.137 orang (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, 2017). Dari data tersebut telah tercapai sebesar 66% dari total
pengunjung yang telah di targetkan oleh pemerintah kota Padang untuk objek wisata Pantai Air Manis.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membuktikan pengaruh daya tarik, lokasi dan promosi terhadap keputusan wisatawan berkunjung pada objek wisata pantai Air Manis di kota Padang. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang pengunjung yang mengunjungi objek wisata pantai Air Manis. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisa deskriptif, outer model dan inner model.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung, sedangkan daya tarik dan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan wisatawan berkunjung pada objek wisata pantai Air Manis di kota Padang. Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka pemerintah lebih memperhatikan dan meningktakan lagi pada bagian lokasi seperti akses menuju lokasi pantai dan mampu memberikan lokasi yang strategis agar mempermudah wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Air Manis. Ketersediaan tempat parkir merupakan sisi yang dipertimbangkan sehingga pengelola patut melakukan pengaturan dengan baik, sehingga
wisatawan dapat memarkir kendaraan dengan nyaman. Dan jumlah toilet serta kebersihannya juga perlu dipertimbangkan.

Kata Kunci : Daya Tarik, Lokasi, Promosi dan Keputusan Berkunjung

 

Published

2019-08-16