PENGARUH PENGALAMAN MEREK, KEPUASAN MEREK DAN KECINTAAN MEREK TERHADAP KETERIKATAN MEREK PENGGUNA APPLE MACBOOK DI KOTA PADANG

Authors

  • Resy Febriza Febriza
  • Surya Dharma
  • Reni Yuliviona

Abstract

INTISARI


Diantara sejumlah produsen terkenal Apple merupakan produsen
perangkat lunak yang paling dikenal di dunia dengan produk merek yang berbasis komputer adalah Apple Macbook. Apple Macbook dibandrol dengan harga yang relatif mahal, selain itu memiliki sistem operasi yang berbeda dengan basis komputer lainnya, akan tetapi produk tersebut memiliki pasar tersendiri. Apple Macbook telah merambah pasar Indonesia khususnya Kota Padang.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membuktikan pengaruh
pengalaman merek, kepuasan merek dan kecintaan merek terhadap keterikatan
merek pengguna Apple Macbook di kota Padang. Ukuran sampel yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 67 orang pengguna Apple Macbook di kota Padang.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisa deskriptif,
analisis regresi linear berganda dan t-statistik.  Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa pengalaman merek, kepuasan merek,dan kecintaan merek berpengaruh positif terhadap keterikatan merek pengguna Apple Macbook di kota Padang.


Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka disarankan bagi pengguna Apple Macbook di kota Padang sebelum membeli agar terlebih dahulu mempelajari cara pemakaian dari Apple Macbook agar nilai dan manfaat dapat dirasakan dalam menggunakan Apple Macbook.

Kata Kunci :
Pengalaman Merek, Kepuasan Merek, Kecintaan Merek dan Keterikatan Merek

 

Published

2019-08-16