PEMETAAN GAYA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SECARA ONLINE DISITUS JUAL BELI ONLINE DI KOTA PADANG
Abstract
INTISARI
Di zaman digital seperti sekarang ini fenomena belanja online memang
bukan merupakan hal yang baru. Kemudahan yang didapatkan dengan hanya satu kali klik menyebabkan shopping online saat ini makin diminati.Berdasarkan data yang diperoleh dari iPrice 2018, Shopee menempati peringkat ketiga berdasarkan jumlah pengunjung terbanyak dimana Tokopedia berada di peringkat pertama kemudian disusul Bukalapak di peringkat kedua. Namun pada aplikasi mobile, Shopee berada di ranking pertama sebagai aplikasi belanja terpopuler di platform Android dan iOs. Pada kategori media sosial Twitter, Shopee menempati posisi terakhir berbanding terbalik dengan Instagram dimana Shopee berada di peringkat pertama kemudian pada Facebook, Shopee berada diperingkat kedua. Hal ini mengindikasikan bahwa dari sekian banyak situs jual beli online produk yang tersedia terbukti konsumen mempunyai pilihannya masing-masing dalam berbelanja.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seperti apa gaya pengambilan
keputusan pembelian produk secara online di situs jual beli online di Kota Padang serta untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan gaya pengambilan keputusan pembelian produk secara online di situs jual beli online di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja produk secaraonline di situs jual beli online di Kota Padang, dengan jumlah sampel 150 orang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling.Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah uji chi square test.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
dari gaya pengambilan keputusan pembelian produk secara online di situs jual beli online di kota padang. Kemudian berdasarkan situs juali beli online yang
dipergunakan untuk berbelanja produk secara online di situs jual beli Bukalapak,
Tokopedia, Shopee konsumen lebih cenderung menggunakan gaya pengambilan
keputusan berdasarkan perfeksionis.
Kata Kunci : Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian