PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PRIODE 2012-2017)
Abstract
INTISARI
Sub sektor makanan dan minuman merupakan sektor yang cukup berpeluang memiliki pertumbuhan tinggi karena memiliki produk kebutuhan harian yang ditawarkan dan hingga saat ini memiliki pertumbuhan
baik. Memaksimumkan nilai perusahaan dinilai lebih tepat sebagai tujuan suatu perusahaan sebab memaksimumkan nilai perusahaan berarti memaksimumkan nilai sekarang dari semua keuntungan yang akan diterima oleh pemegang saham dimasa yang akan datang .
Tujuan utama perusahaan yang telah go public adalah meningkatkan kemakmuran pemilik atau para pemegang saham melalui peningkatan nilai perusahaan. Persepsi investor sangatlah penting karena dapat mempengaruhi kinerja perusahaan . Memaksimumkan nilai perusahaan dinilai lebih tepat sebagai tujuan suatu perusahaan sebab memaksimumkan nilai perusahaan secara langsung juga akan membuat para investor percaya karena persepsi investor sangatlah penting dan dapat mempengaruhi kinerja perusahaan.
Penting bagi perusahaan untuk menganalisis nilai perusahaan sehingga manjemen dapat melakukan perbaikan , agar persepsi investor terhadap nilai perusahaan dapat terlihat baik. Oleh karena itu peneliti mengangkat pengaruh profitabilitas, likuiditas, pertumbuhan perusahaan, dan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Pengelolaan operasionl yang baik dan profitabilitas yang tinggi akan dapat membuat nilai perusahaan semakin meningkat dan lebih baik dimata investor.
Penelitian ini menguji tentang pengaruh profitabilitas,likuiditas, pertumbuhan perusahaan dan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa efek Indonesia periode 2012-2017. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Analisis yang digunakan yaitu Analisis regresi linear berganda dan uji hipotesi menggunakan uji t-statistik.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017 . Selanjutnya variabel likuiditas, pertumbuhan perusahaan , dan corporate social responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017.
Kata kunci : Nilai perusahaan, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan , corporate social responsibility
Â